Rabu, 15 Juni 2016

Antisipasi Bencana, Kodim 1310/Bitung 'Bergerak'



Bencana alam kini mengintai daerah Bitung dan Kabupaten Minahasa Utara (Minut). Kodim 1310/Bitung sebagai satuan teritorial yang membawahi wilayah Kota Bitung dan Kabupaten Minut pun berupaya melakukan tindakan antisipatif.

Kegiatan pelatihan pun dilakukan Kodim yang berada di bawah Teritorial Korem
131/Santiago ini. "Ini untuk mengantisipasi perkembangan belakangan di wilayah Bitung dan Minut. Wilayah ini kan berada di bawah pemantauan Kodim 1310/Bitung. Makanya kita perlu terlibat serius untuk mengantisipasi ancaman bencana di wilayah ini," terang Kapenrem, Fathan Ali, Rabu (15/6).

Diakui, daerah Minut dan Bitung memang rawan bencana. "Kota Bitung dan Kabupaten Minut daerahnya memang sarat ancaman bencana. Daerah ini terdapat gunung berapi sehingga melalui Korem 131/Santiago kita menyelenggarakan Latihan Posko I Kodim 1310/Bitung dengan tema 'Kodim 1310/Bitung melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam di wilayah'" papar Kapenrem


Kegiatan ini diawali dengan apel pengecekan oleh Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Rofiq Yusuf S.Sos kepada seluruh peserta yang terlibat dalam Latihan Posko I. Kemudian selesai kegiatan pengecekan, peserta Latihan Posko I diambil alih oleh Kasiops Korem 131/Santiago Kolonel Arm Leo Agung Priyo Soembodo selaku Koordinator Latihan sebagai tanda dimulainya kegiatan Latihan Posko I Kodim 1310/Bitung.


"Latihan tersebut juga mendapat dukungan dari pemerintah daerah setempat. Khususnya instansi terkait yang berkaitan dengan kegiatan penanggulangan bencana. Mereka memberikan bantuan moril agar kegiatan latihan Posko I yang dilaksanakan dapat terlaksanakan dengan baik dan sesuai dengan prosedur penanggulangan bencana alam yang diharapkan. Karena situasi itu sangat mungkin terjadi di wilayah ini," kunci Kapenrem.  manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar