Selasa, 14 Juni 2016

Astaga!! Ambulans Layak Jalan Terbengkalai



BITUNG - Impian pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat, masih jauh dari harapan. Dari sisi kesehatan saja, Dinkes Bitung terkesan cuek saja terhadap beberapa ambulans yang masih layak jalan. Pantauan Senin (13/6), ada empat unit ambulans yang masih layak dan sudah tidak digunakan Dinkes. Malahan terkesan disembunyikan. Karena mobil tersebut tidak ditempatkan bersamaan dengan aset milik negara lainnya. Hanya berada di belakang Puskesmas Paceda di Kecamatan Madidir.


Dikatakan sejumlah warga, mobil ambulans itu seharusnya bisa digunakan sebagaimana mestinya. "Waktu lalu, istri saya sakit. Saya justru harus menyewa mobil untuk merujuk ke rumah sakit. Padahal ada empat unit ambulans di situ namun tidak dirawat," ungkap salah satu warga kesal.

Dia menambahkan, mobil ambulans tersebut tidak rusak. Karena dari mesinnya masih bagus. Hanya kemungkinan sudah kehabisan bahan bakar dan dibiarkan.

Pemerhati Sosial Kemasyarakatan Donald Bentian mengungkapkan rasa kecewanya terhadap pihak Dinkes. Masih ada tapi tidak dirawat sama saja mubazir dan tidak mengutamakan masyarakat. "Karena ambulans dibeli dari uang rakyat. Bukan uang Kepala Dinas Kesehatan," tegas Bentian.

Seperti ini, sudah banyak masyarakat yang mengeluh keterbatasan akses. "Apakah harus ditunggu ada korban jiwa baru diperbaiki," ujar Bentian lagi.

Terpisah, Kasi Intel Kejari Bitung Mustari Ali mengungkapkan, untuk saat ini memang masih dalam status aman. "Apakah karena tidak ada anggaran pemeliharaan atau surat yang sudah tidak layak. Namun jangan sampai barang milik negara tersebut hilang, dan adanya laporan fiktif," kunci Mustari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar