Jumat, 10 Juni 2016

Volume Sampah di Bitung Capai Ratusan Ribu Kubik



Masalah sampah seolah menjadi suatu permasalahan klasik di Indonesia. Tak terkecuali di Bitung. Data yang ada, kota ini menghasilkan 245.220 meter kubik sampah pertahun. Volume sampah yang dihasilkan masyarakat Bitung adalah 670 meter kubik per hari. Hal ini dinilai cukup tinggi.
 
Saat diwawancarai Kamis (9/6) kemarin, Kepala Dinas Kebersihan Merianti Dumbela SE MAP menuturkan, tingginya produksi sampah
yang dihasilkan berkaitan dengan gaya hidup masyarakat. Terutama sampah dari bahan plastik. Masih banyak masyarakat yang belum sadar untuk memanfaatkannya secara efisien. Padahal, kantong plastik itu bisa digunakan berulang kali.

Sebab sampah plastik sulit terurai. Makanya harus efisien menggunakannya. Kalau pun memang sudah harus dibuang, wajib dipilah sampah secara benar. Karena pemerintah telah memfasilitasi masyarakat dengan tong sampah yang dipisahkan.

Dia melanjutkan, tong sampah yang ada terdiri dari warna hijau untuk sampah organik, kuning untuk anorganik, dan merah untuk sampah yang mengandung bahan beracun dan berbahaya (B3). "Makanya masyarakat harus sadar akan pemilahan sampah. Kiranya jangan sembarangan dibuang," kuncinya. manadopostonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar