Jumat, 17 Juni 2016

Lomban: Pemkot Komit Upayakan Kota Rendah Karbon



Sedianya ada Kota Tomohon yang akan menerima penyusunan Study Kelayakan / Visibility Study (VS) sebagai kota dengan kadar karbon rendah/ Low Carbon Model Town (LCMT). Namun, berdasarkan penilaian dari tim Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), penetapan kota ini kemudian beralih ke Kota Bitung. Hal mana tertuang
dalam penjelasan Walikota Bitung Maximiliaan M.Si, saat memimpin Rapat penerapan LCMT di Kota Bitung, di Ruang Sidang Lantai IV Kantor Walikota Bitung, Kamis (16/6).

”Kota Bitung merupakan satu-satunya kota di Indonesia mendapatkan penyusunan studi kelayakan untuk Low Carbon Model Town. Rencana semula ditetapkan di Kota Tomohon, namun setelah melihat keberadaan Kota Bitung, Tim dari Kementrian ESDM lebih memilih Bitung karena sesuai dengan konsep LCMT,” jelasnya.

Saat memimpin rapat penerapan LCMT ini, Lomban didampingi Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri dan Direktur Konservasi Energi Kementrian ESDM, Ir. Farida. Lomban menjelaskan Pemkot tetap berupaya mewujudkan kota rendah karbon. ”Walaupun telah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus, Kota Bitung tetap berkomitmen untuk mewujudkan sebuah kota yang rendah karbon,” tegasnya.

Dijelaskannya, Pemkot Bitung bekerja sama dengan Kementrian ESDM telah melakukan pertemuan dengan konsultan terkait untuk melakukan kerjasama dengan APEC, dimana Rencana kerja proyek Bitung sebagai kota rendah karbon meliputi tata guna lahan, sistem transportasi, sistem energi, lingkungan, dan pengelolaan wilayah.


Diharapkannya, lewat rapat kali ini ada produk akhir yang kemudian menjadi tindak lanjut yang menghasilkan sebuah kesepakatan penetapan LCMT bagi kota Bitung yang sedianya ditandatangani oleh Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Kementrian ESDM bersama Gubernur dan Walikota Bitung. ”Jika LCMT telah ditetapkan di Kota Bitung, tentunya akan memberi suggest bagi kota-kota lain di Indonesia untuk bisa mewujudkannya juga,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar