Rabu, 20 Juli 2016

Car Free Day di Bitung Stagnan



Salah satu manfaat digelarnya Car Free Day adalah menggiatkan kembali olahraga kepada seluruh lapisan masyarakat. Bahkan, sebagian besar masyarakat Kota Bitung menginginkan adanya sarana publik sebagai tempat berolahraga massal. Seperti halnya yang pernaqh diterapkan pada pemerintahan sebelumnya, dengan mengambil lokasi Car Free Day (CFD) di depan kantor Walikota.


Juru bicara Bitung Bicycle Community (BBC), Basmi Said, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (20/7), menganggap program ”Bitung Hebat” dengan mengusung program nasional mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, tidak berjalan sama sekali.

Dijelaskannya, akibat staganasi CFD yang berkepanjangan dan nampak tak berkesudahan ini, mengakibatkan pihaknya sering melakukan acara gowes bareng ke daerah lain yang sedang menerapkan CFD, seperti yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara.

Salah satu tujuan atau manfaat CFD yang dapat dirasakan oleh masyarakat, jelasnya, adalah menciptakan masyarakat yang sehat, menjadi sebuah ajang untuk memperat tali hubungan kekeluargaan, wadah pertemuan semua kalangan masyarakat mulai dari bayi sampai usia lansia, serta bisa menjadi destinasi wisata bagi wisatawan.

Sementara itu Kapolres Bitung, AKBP Reindolf Unmehopa,SH,S.Ik, saat dikonfirmasi melalui Kasat Lantas, AKP Rina Frillya, mengungkapkan pihaknya sudah pernah menyurat ke Walikota Bitung untuk mengaktifkan kembali Car Free Day. Namun sangat disayangkan sudah dua kali menyurat hingga kini tidak mendapat respon dari Walikota Bitung sama sekali.

Kadis Perhubungan Kota Bitung, Drs Arnold Karamoy, saat dikonfirmasi melalui Kabid Darat, Vicky Sangkaeng, kerjanya menjelaskan bahwa sesuai SK. Walikota Nomor. 188.45/ HKM/ SK/9/2013 tentang Penetapan Bebas Kendaraan Bermotor (Car Free Day) di Kota Bitung, sudah ditetapkan beberapa SKPD yang berwenang.

Khusus Dinas Perhubungan, terangnya, hanya mengatur rambu lalu lintas, menyiapkan petugas bersama Polantas Polres Bitung. Sementara, Satpol-PP khusus ditugaskan untuk pengamanan. Sementara untuk jenis kegiatan, tambahnya, bisa dari Dinas Dikbud, Dispora, Dinkes, Dinas Kebersihan, Badan Kepegawaian, Disparekraf atau SKPD lain. Lebih jauh Sangkaeng mengaku belum bisa mengetahui kapan dibuka kembali Bitung Car Free Day tinggal menunggu keputusan pimpinan. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar