Minggu, 10 Juli 2016

Lomban: Tingkatkan Persaudaraan Tanpa Saling Membedakan



BITUNG - Berjalan dan berlangsung lancar, baik dan aman, perayaan hari besar umat Muslim di Kota Bitung, yakni bulan puasa hingga Idul Fitri 1437H, menunjukkan bahwa tingginya tingkat toleransi antar umat beragama di kota berjuluk kota cakalang ini. Hal ini kemudian diapresiasi Walikota Bitung, Maximiliaan Jonas Lomban,SE, M.Si, Sabtu (9/7).

Pelaksanaan hari besar Umat Muslim itu, terangnya, tentunya bergantung juga pada wujud baik peran segenap masyarakat dalam menjaga kerukunan dan kebersamaan di Kota Bitung. ”Untuk itu, mari kita terus tingkatkan persaudaraan antar umat tanpa saling membedakan. Dengan demikian kesatuan dan persatuan semakin erat dan kuat sebagaimana yang tertuang dalam Pancasila sebagai dasar utama mempersatukan bangsa Indonesia,” ujarnya.
Adanya pemberitaan isu melalui berita online www.gerhana85.com, bahwa segelintir oknum warga yang melarang warga Muslim beribadah, serta adanya sikap diskriminatif Pemkot Bitung, akhirnya ditanggapi Lomban. ”Hal ini fitnah yang dimuat media tersebut dan tidak benar. Sebab, kami selaku Pemerintah selalu netral dan tak akan membiarkan masyarakatnya hancur,” tegasnya.
Dijelaskannya, isu ini sebagai alasan provokasi oknum yang tidak bertanggungjawab untuk memecah - belah kerukunan masyarakat Kota Bitung, yang sudah terbangun dan terjaga selama ini.
Diharapkannya, masyarakat Kota Bitung tidak terpancing atas dasar isu provokasi tersebut. ”Oleh karenanya mari kita junjung terus persatuan dan tingkatkan kebersamaan serta menjauhkan perbedaan, guna menuju kedamaian sebagai prinsip dalam mengutamakan kemajuan pembangunan Sulut, bahkan Kota Bitung yang kita cintai ini,” ajaknya.

Ditambahkannya, pihaknya juga optimis dan yakin bahwa masyarakat Kota Bitung bahkan Sulut, sudah dewasa dalam berfikir positif dan tidak dapat diprovokasi. ”Sebab daerah ini selalu menjaga kualitas kerukunan, dimana warga Sulut cinta perdamaian karena kita selalu diberkati oleh Tuhan dan terbungkus dalam selogan “torang Samua Basudara yang tak pandang perbedaaan,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar