Kamis, 28 Juli 2016

Maurits: Budaya, Pilar Pembangun Bangsa



BITUNG - Budaya merupakan salah satu pilar dalam pembangunan bangsa. Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, saat menghadiri pelaksanaan Upacara Adat Pinasungkulan Pinaesaan Tou Minahasa Bersatu, di Lapangan Kantor Walikota Bitung, Rabu (27/7).


”Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, budaya adalah pilar pembangun bangsa yang menumbuhkan rasa berbangsa dan bernegara yang secara alamiah, kuatnya nilai positif dalam keluhuran budaya akan meningkatkan rasa kebangsaan dan cinta Tanah Air, sehingga mampu memotivasi anak bangsa untuk bertekad membela dan rela berkorban bagi kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya.

Acara yang diselenggarakan oleh gabungan Ormas Adat yang ada di tanah Minahasa ini, juga dihadiri Sekretaris Kota Bitung, Drs. Malton Andalangi.

Atas pelaksanaan Upacara Adat ini, Mantiri memberikan apresiasi yang besar, serta berterima kasih kepada panitia pelaksana karena sudah mengundang jajaran Pemerintah Kota Bitung untuk boleh hadir. ”Besar harapan dimana kehadiran kita semua akan lebih mempererat tali persaudaraan yang telah tercipta selama ini di Tanah Minahasa sehingga kita dapa menyamakan Visi dan Misi dalam semangat Persatuan dan Kesatuan membangun Kota Bitung,” ujarnya.

Sementara dalam sambutannya, Maurits merasa bangga atas pelaksanaan Upacara Adat ini. Apalagi, masyarakat sendiri yang menunjukkan itikad baiknya dalam melestarikan warisan budaya yang ditinggalkan para leluhur. ”Di tengah derasnya tuntutan dinamika global dengan berbagai pengaruh yang menyertainya, ternyata warga masyarakat di Tanah Minahasa termasuk yang ada di Kota Bitung ini, tetap konsisten untuk terus menjaga dan mewariskan keluhuran nilai-nilai budaya,” tegasnya.

Diajaknya, kepada seluruh komponen anak bangsa melalui momen ini yang lahir dan besar maupun yang datang mengadu nasib di kota ini, kota yang berdiri di atas Tanah Minahasa, untuk bergandengan tangan dan menyelaraskan Visi dan Misi pembangunan, serta memantapkan wawasan kebangsaan yang dimiliki, menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan dengan tetap mewarisi kuluhuran nilai-nilai budaya dalam upaya membawa Kota Bitung menjadi semakin baik lagi di masa depan. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar