Senin, 11 Juli 2016

IKSSAT dan PMI Bitung Kirim Bantuan Mie Instan ke Sangihe



Ikatan kerukunan Sangihe Sitaro Talaud (IKSSAT) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bitung telah menyalurkan bantuan kepada warga Kabupaten Sangihe yang menjadi korban bencana alam.

Ketua Umum IKSSAT Kota Bitung Drs Moktar Parapaga mengatakan pemberian bantuan dilakukan pada Selasa (5/6)
selama beberapa hari di sejumlah lokasi.

"Bantuan kami berikan di Kelurahan Kolongan Akembawi dan Kelurahan Kolongan Beha, serta Kelurahan Kolongan Beha Baru," tutur Parapaga didampingi wakil ketua Max Galatang dan Amos Gama Kakomba serta Vera Koroh dan Jola Sekeon, Indra Ondang dan Yofindi Lompoliu, Senin (11/7) kemarin.

Kata Parapaga pemberian bantuan itu wujud nyata kepedulian sosial IKSSAT Kota Bitung kepada warga Kabupaten Sangihe yang menjadi korban bencana alam, diperoleh dari hasil penggalangan bantuan dari sesama pengurus dan simpatisan Kota Bitung selama sepekan.

"Ada ratusan paket mie instant, bahan makanan, pakaian layak pakai, perlengkapan masak, dan perlengkapan mandi serta sabun cuci dan juga uang tunai. Sebelum disalurkan bantuan ini, diterima secara simbolis Bupati Sangihe, Drs Heronimus Rompas Makagansa MSi dipendopo Rudis Bupati Sangihe didampingi ketua TP PKK Kabupaten Sangihe Dr Wisje Makagansa-Rompis MSi, dan koordinator Posko Bencana Sangihe, Kepala Staf Kodim 1301 Sangihe Talaud, Mayor (Inf) Nico Tumeleng SE," jelasnya.

Musibah bencana alam yang melanda Kabupaten Sangihe membuat IKSSAT tergerak hatinya dan prihatin karena organisasi ini dihuni warga Nusa Utara.

Sementara itu Makagansa dalam kesempatan ini memberikan apresiasi atas kepedulian IKSSAT Kota Bitung. "Kami sangat menghargai kepedulian IKSSAT Kota Bitung, semoga budi baik dan amal bakti IKSSAT mendapat berkat dari Tuhan, Terima Kasih telah membantu meringankan beban warga Sangihe yang tertimpa bencana alam," ujar Makagansa.

Dia berpesan warga yang menerima bantuan, dapat menggunakannya sesuai kebutuhan. Selanjutnya bantuan tersebut disalurkan pada beberapa lokasi pengungsian warga, Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST) Lohong Tulumang Kolongan Akembawi, diterima Pdt Wiliam Peea, GMIST Sion Kolongan Beha, diterima Pdt Aneke Longkutoy-Samadi, GMIST Smirna Kolongan Beha Baru, SD YPK Sion Kolongan Akembawi, GMIST Moria Kolongan Akembawi dan Posko Bencana Kantor Kelurahan Kolongan Akembawi.

Ditempat terpisah PMI Kota Bitung usai melakukan penggalangan bantuan masyarakat Bitung peduli Sangihe langsung meneruskan bantuan tersebut kepada masyarakat di Kabupaten Sangihe.

Menurut Khouni Lomban Rawung kepala PMI Cabang Bitung bantuan didistribusikan dengan menumpang kapal KM Mercy Teratai dibawa oleh beberapa relawan KSR PMI Kota Bitung.

"Ini merupakan bantuan tahap dua yang kami berikan untuk tahap pertama sendiri telah dibawa beberapa hari sesudah bencana," ujar Khouni didmapingi Sefferson Sumampouw kepala Markas PMI Cabang Bitung, Senin (11/7).

Bantuan dari PMI Cabang Bitung diterima oleh Ketua PMI Sangihe Dr Wisye Makagansa Rompis, diprioritaskan bagi kelompok rentan yaitu para lansia dilokasi yang paling terdampak. "Jenis bantuan berupa paket perlengkapan rumah tangga, Family Kit dan bahan Makanan yang dikemas dalam 20 karung dan 20 dus," tukasnya. sumber:manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar