Kamis, 06 Agustus 2015

Jaga Kedaulatan NKRI, TNI AL Bentuk 3 Lantamal Baru



TNI Angkatan Laut, mengembangkan 3 Pangkalan TNI AL (LANAL), menjadi Pangkalan Utama TNI AL (LANTAMAL), yakni Lantamal Pontianak, Tarakan dan Sorong. Hal ini disampaikan oleh Komandan Lantamal VIII Manado, Laksamana Pertama Manahan Simorangkir, saat melepas Satgas Peresmian Lantamal XIII Tarakan, di Lanal Samuel Languyu Bitung, Kamis 6/7.

” Sesuai Keputusan Kepala Staf TNI Angkatan Laut,
Lantamal yang baru menjadi ujung tombak pengamanan di perbatasan, karena wilayah perbatasan merupakan halaman depan NKRI,” kata Simorangkir.

Seperti diketahui hingga kini batas wilayah antara Republik Indonesia dengan sejumlah negara belum ada kesepakatan. Bukan hanya itu, batas Zona Ekonomi Eksklusif yang merupakan hak eksploitasi suatu negara dalam sumber daya kelautan dan mineral hingga saat ini juga belum ada kesepakatan dengan sejumlah negara tetangga.

” Kita menjunjung tinggi semangat kebersamaan negara-negara ASEAN (Association of South East Asian Nations), kita berusaha meminimalisir ketegangan dengan negara tetangga, namun demikian kedaulatan NKRI harga mati, karena menyangkut harga diri bangsa,” tambah Simorangkir.

Lantamal VIII Manado dalam peresmian Lantamal XIII Tarakan, mengirim 279 personil. Pemberangkatan Satgas peresmian Lantamal XIII, menggunakan KRI Teluk Cendrawasih. Rencananya peresmian digelar pada tanggal 12 Agustus, pekan depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar