Kamis, 06 Agustus 2015

Ratusan Prajurit Diberangkatkan Menggunakan KRI Teluk Cendrawasih

BITUNG - Komandan Lantamal (Danlantamal) VIII Laksamana Pertama TNI Manahan Simorangkir SE MSc memimpin upacara Pemberangkatan Pasukan Satgas Peresmian Lantamal XIII Tarakan, di Dermaga Samuel Languyu (Samla) Satuan Keamanan Laut (Satkamla) Lantamal VIII Bitung, Kamis (6/8).


"Jumlas prajurit yang diberangkatkan 279 orang terdiri dari 159 orang prajurit Lantamal VIII dan 120 orang prajurit dari Lanal Tarakan dan Lanal Nunukan)," tutur Simorangkir. Ratusan prajurit tersebut diberangkatkan menggunakan KRI Teluk Cendrawasih (TCW) 533 di bawah pimpinan Komandan KRI Mayor Laut (P) Rahadian Rahmadi SE. Mereka akan menempuh perjalanan dua hari pelayaran.

Simorangkir menjelaskan keberangkatan pasukan tersebut untuk mengikuti peresmian tiga Lantamal yang baru, yakni  Lantamal XIII Tarakan, Lantamal XII Pontianak dan Lantamal XIV di Sorong berdasarkan surat panglima TNI tentang peresmian pembentukan Lantamal. Ia memberikan semangat kepada personil yang berangkat dengan harapan perjalanan baik dan aman.

"Jaga kelengkapan masing-masing dan personil dengan segala keterbatasan dapat dimengerti dan tingkatkan disipilin selama jalan, jaga kesehatan agar tiba dengan kondisi baik," tambahnya. Lantamal XIII Tarakan akan membawahi Lanal Nunukan, Sangata Balikpapan dan Kota Baru, sebagai perwujudan peningkatan tipe Lantamal dari B ke A, sehingga TNI AL mulai ada relokasi dan alokasi penempatan strategis.

"Ini juga untuk menghadapi masalah perbatasan karena rawan dari ancaman Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sehingga harus dipertahankan NKRI sebagai harga mati," tegasnya. Dengan adanya tiga lantamal yang baru TNI AL akan lebih tajam, good looking dan dapat lebih banyak membantu program pemerintah.

Upacara dihadiri para Asisten Danlantamal VIII, para Kadis/Kasatker Lantamal VIII, dan KRI/Patkamla di Bitung, serta panitia pelaksana yang terlibat dalam satgas Tarakan. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar