Rabu, 26 Agustus 2015

Ratusan Petugas Siap Amankan Pilkada di Bitung

BITUNG -  Kapolres Bitung AKBP Reindolf Unmehopa mengatakan pelaksanaan simulasi pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015, di mana kota Bitung akan menggelar Pemilihan gubernur dan wakil gubernur serta pemilihan walikota dan wakil walikota Bitung.


"Sesuai dengan Perkap Kapolri nomor 01 tahun 2009 dan protap Kapolri disimulasi bagaimana polisi mengendalikan massa yang kuarang puas terhadap keputusan dan pelaksanaan Pemungutan suara hingga berbuat ricuh," tutur Reindolf usai simulasi di Stadion Duasudara Bitung, Rabu (26/8) kemarin.

Pengamanan yang akan dilakoni Polisi Polres Bitung saat pelaksanaan tahapan hingga akhir tahapan pilkada agar tetap aman dan kondusif melibatkan Polisi, TNI, pemerintah Kota dan instansi terkait.

"Total 504 personil di polres Bitung akan diturunkan 2/3 kekuatan yang akan diturunkan sekitar 300 personil untuk pengamanan," tambahnya.

Ia menambahkan jika diperlukan tambahan kekuatan pihaknya tak akan segam berkoordinasi dengan Markas Polda Sulut untuk ada BKO ke Bitung termasuk fasilitas dari Polda. "Sesuai perkap 01 tahun 2009 dan protap kapolri yang harus dilaksanakan melumpuhkan dan dimatikan massa yang membuat kacau situasi," tukasnya.

Terpisah Kasat Sabhara Polres Bitung AKP Suntaka menjelaskan dalam simulasi itu pasukan anti huru-hara yang berpakaian lengkap berhasil 'pukul' mundur massa menggunakan tiga formasi, bersaf banjar tiga dan paruh lembing. "Bersaf tujuannya menghalau massa ditempat yang terbuka jalan lurus tidak ada persimpangan, banjar tiga membentuk segi empat dan formasi paruh lembing pecaha massa kiri dan kanan berbentuk segi tiga," tukasnya. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar