Selasa, 01 September 2015

Bitung, Sejak Januari 2015, 11 Nyawa Melayang di Jalan Raya



11 Kasus kecelakaan lalulintas (laka lantas) hingga menyebabkan meninggal dunia (MD) terjadi di Kota Bitung, berdasarkan data kecelakaan lalu lintas (lalin) di Unit Laka Polres Bitung selang tahun 2015. Bulan Januari 5 orang MD, Februari, Maret dan April nihil, Mei 1 orang MD, Juni 2 MD, Juli 2 MD dan Agustus 1 MD. "Untuk kasus laka lantas hingga ada korban MD yang terakhir kalinya terjadi pada
Senin (30/8) pukul 17.00 wita di jalan raya Duasudara Kecamatan Ranowulu tepatnya di seputaran hutan lindung. Antara truk tronton warna hijau plat nomor DB 8118 CY dikemudikan oleh Andres Kobis (45) warga Kelurahan Paceda ling 2 dengan motor Yamaha Vega plat nomor DB 6310 CR dikemudikan oleh Ilys Masalah (42) warga Kelurahan Batu Putih Bawah lingkungan 3 korban tewang berboncengan dan sang Suami Saleh Demolingo (49)," tutur Kapolres Bitung AKBP Reindolf Unmehopa melalui Kanit Lantas IPTU Frits Parangan, Selasa (1/9/2015)
Kata Frits, tidak ada saksi kunci yang melihat persis kejadian tabrakan truk tronton dan sepeda motor hanya saksi penolong melihat sudah terjadi tabrakan dan langsung menolong.
Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) dan hasil pemeriksaan sopir kedua kendaraan berjalan pada lajur berlawanan saat ini motor dari Duasudara menuju Batu Putih sementara truk tronton yang tak ada muatan melintas berlawanan.
"Saat itu situasi lalu lintas sepi diduga ada kendaraan yang melaju kencang dan satu diantara kedua kendaraan ada yang keluar jalur sehingga tabrakan antara keduanya tak terhindarkan," jelasnya.
Akibatnya pengemudi motor meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit, adapun penyebab laka lantas sendiri masih dalam penyelidikan dari sopir dirinya baru saja menurunkan kapur di perusahan tambang emas yang ada di Kecamatan Ranowulu. Barang bukti motor dan mobil sudah diamankan polisi untuk keperkuan penyidikan.
Terpisah AKP Marganda Aritonang Kasat Lantas Polres Bitung menyikapi peristiwa laka lantas hingga ada korban meninggal dunia menghimbau kepada pengendara agar dalam berkendara berhati-hati, patuhi aturan dan gunakan helm.
"Khusus pengemudi roda empat fokus dalam berkendara tidak lalukan hal-hal lain sementara pengendara roda dua agar menggunakan helm agar saat laka lantas terhindar dari akibat fatal yaitu meninggal dunia, karena dari data yang kami peroleh akibat fatal korban kecelakaan hingga meninggal ditenggarai tidak pakai helm hingga saat kecelakaan mengenai kepala," manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar