Sabtu, 05 September 2015

Gelombang Tinggi, Nelayan Pulau Lembeh Mencari Ikan di Zona Pasang-Surut



Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Indonesia memang terkenal kaya, hingga Koes Plus pun menciptakan lagu “Kolam Susu” : ….bukan lautan hanya kolam susu… Pun demikian dengan kota Bitung, Sulawesi Utara, ternyata saat angin bertiup seperti sekarang ini, nelayan di Kelurahan Motto, Kecamatan Lembeh Utara mencari ikan di zona pasang-surut (nyare-red), 200 meter dari kampung mereka.

” Kalau angin Selatan bertiup seperti sekarang ini, kami libur melaut karena perahu hanya pakai pendayung,” kata salah seorang warga Kelurahan Motto, Jemmy.

Menurut Jemmy saat laut surut, banyak warga yang pergi ke Nyare, untuk mencari ikan. Berbagai macam jenis ikan yang terperangkap di Nyare menjadi sumber protein bagi warga Kelurahan Motto.

” Jenis ikan yang terperangkap biasanya jenis ikan-ikan karang, seperti goropa (kerapu-red), mubara, dan udang, cukuplah untuk lauk sehari,” tambahnya.

Sayangnya potensi Laut kita belum termanfaatkan secara optimal, para nelayan membutuhkan uluran tangan pemerintahan baru yang benar-benar, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bukan hanya janji-janji saat kampanye. Jangan sampai bantuan untuk masyarakat kecil seperti nelayan, diberikan kepada tim sukses, atau politisi yang mendukungnya. sumber:bitungnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar