Kamis, 17 Desember 2015

AKR di Bitung Menteri ESDM Resmikan Terminal BBM



BITUNG – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said meresmikan sarana dan fasilitas Terminal BBM miliki PT AKR Corporindo (AKRA) yang berlokasi di Bitung, Sulawesi Utara, Palaran, Kalimantan Timur, dan Gabion, Medan, serta perluasan 2 terminal perseroan yang berlokasi di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Pontianak, Kalimantan Barat.


Acara peresmian tersebut dilakukan hari ini, Kamis (17/12) yang dipusatkan di Bitung, Sulawesi Utara, acara juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Utara, pejabat Kementerian ESDM beserta jajaran Dewan Komisaris dan Direksi AKRA.

Dalam keterangan resmi perseroan disebutkan terminal BBM baru di Bitung tersebut memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 30.500 kilo liter, ditambah terminal BBM di Palaran yang memiliki kapasitas 15.000 kilo liter dan untuk terminal BBM di Medan 15.000 kilo liter.

Sedangkan untuk perluasan terminal BBM di Pontianak 19.500 kilo liter dan Banjarmasin 10.000 kilo liter. “Dengan peningkatan kapasitas di masing-masing terminal BBM akan meningkatkan kapasitas penyimpanan AKRA total menjadi 656.000 kilo liter yang tersebar di 15 lokasi di seluruh Indonesia. Perseroan telah menginvestasikan dana sebesar Rp 1,031 triliun untuk pembangunan terminal BBM baru dan perluasan fasilitas penyimpanan ini,” papar Presiden Direktur AKRA, Haryanto Adikoesomo, Kamis (17/12).

Ditambahkannya pasar Indonesia Timur memiliki potensi yang signifikan seiring dengan fokus Pemerintah Pusat untuk mempromosikan pertumbuhan ekonomi di luar pulau Jawa. “Group AKR telah melihat peluang perihal kebutuhan impor dan distribusi di Indonesia bagian Timur, sehingga memutuskan untuk melakukan investasi yang signifikan untuk melayani kawasan tersebut,” imbuhnya.

Sementara dalam sambutannya Menteri ESDM, Sudirman Said menyambut baik atas kesungguhan dan komitmen AKRA dalam merealisasikan pembangunan infrastruktur penyimpanan BBM untuk mendukung kegiatan izin usaha Niaga Bahan Bakar Minyak sesuai dengan izin yang diberikan pemerintah. “Dengan telah diresmikan dan dimanfaatkannya terminal BBM ini, PT AKR Corporindo Tbk berarti telah memberikan kontribusi kepada pemerintah dengan membuka kesempatan kerja, memperkuat dalam penyediaan dan pendistribusian bahan bakar minyak di dalam negeri, khususnya di wilayah Indonesia Timur dan membantu program pemerintah dalam menciptakan ketahanan energi nasional khususnya dalam memenuhi kebutuhan BBM bagi konsumen di wilayah Indonesia Timur” kata ujar Sudirman Said.

Haryanto menyampaikan selama 5 dekade terakhir pihaknya telah berinvestasi di fasilitas penyimpanan massal dan fasilitas logistik infrastruktur untuk mendukung usaha distribusi dan perdagangan, sehingga dapat memberikan nilai tambah terhadap pelanggan industri maupun ritel diseluruh wilayah Indonesia.

“Saya yakin dengan penambahan kapasitas di terminal penyimpanan BBM, AKRA dapat melayani kebutuhan BBM pelanggan kami lebih lagi dan akan memperkuat kemampuan perseroan dalam hal pemberian pembiayaan yang efisien dan tepat waktu untuk wilayah ini. Kami akan terus mencari peluang untuk berinvestasi di infrastruktur kritikal di negeri ini demi pengembangan usaha kami,” ujarnya. www.beritasatu.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar