Selasa, 19 April 2016

Bitung Dukung Percepatan Mega Proyek di Sulut



BITUNG-Pemerintah Kota Bitung akan mengarahkan percepatan pelaksanaan proyek strategis di Sulut, diantaranya jalan tol Manado-Bitung, bendungan kuwil, Internasional Hup Port bitung serta membangun pembangkit listrik bertenaga gas alam dan panas bumi. Ha ini
disampaikan Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pebangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulawesi Utara Periode 2016-2021 yang dilaksanakan di Sutan Raja Hotel Minut, Senin (18/4).

“Khusus untuk Bitung, percepatan Pemerintah pusat akan terfokus pada empat mega proyek yakni Kawasan Ekonomi Khusus, International Hub Port, Tol Manado-Bitung dan Pembangunan Rel Kereta Api Manado-Bitung yang semuanya menjadi Prioritas dari Pemerintah pusat,” ujar Lomban.

Disamping itu, menurut pemaparan Kementrian PU PR, di Bitung juga akan dibangun SPAM strategis Industri kota, Pembangunan bangunan pengaman pantai di Pulau Lembeh, peningkatan kualitas permukiman kumuh Kampung Sari Kelapa dan pembangunan TPS 3R Bitung yang semuanya masuk dalam program utama dari pemerintah pusat untuk provinsi sulut 2017.

Sementara itu untuk mewujudkan Sulawesi Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di kawasan Indonesia Timur, ia mengatakan bahwa  dimensi pembangunan sektor unggulan  kota Bitung adalah industri (Bitung Industrial City) dengan meningkatkan kapasitas tenaga kerja di sektor industri, pariwisata dan jasa yang berwawasan global, kota Bitung akan mampu mewujudkan apa yang menjadi misi membangun Sulut dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Pelaksanaan Musrenbang yang dilaksanakan tepat dua bulan setelah kepala daerah  dilantik ini, dibuka Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan dihadiri Pemerintah Pusat melalui kementrian Eonomi, Kementrian PU, dan kementrian Bappenas. Turut hadir Wagub Drs Steven Kandouw, Sekprov Ir Siwa R Mokodongan, para Bupati/Walikota, Forkopimda Sulut, dan Instansi terkait lainnya. manadoline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar