Senin, 18 April 2016

Fikar Cs Gasak Rp 31 Juta dalam Mobil



BITUNG - Komplotan spesialis pencurian disertai kekerasan (curas) yang sering beraksi di beberapa daerah di Sulut diringkus Tim Resmob Wentira Polres Bitung.

Adalah ZA alias Fikar (23), warga Lingkungan IX, Kelurahan Kakenturan, HD alias Ulu (25) warga Lingkungan II, Kelurahan
Winenet II, Kecamatan Aertembaga kompleks depan Pasar Winenet dan SS alias Mono (29) asal Lingkungan II, Kelurahan Kakenturan II, Kecamatan Maesa.

Mereka diduga sebagai pelaku pembobolan kendaraan roda empat dengan cara memecahkan kaca mobil menggunakan obeng. Fikar dicurigai sebagai otak dan dalang komplotan ini.

"Dari pengakuan pelaku saat diinterogasi, mereka beraksi di 11 tempat kejadian perkara (TKP) di Gorontalo, dua TKP di Bitung dan satu TKP di Kota Tomohon," kata Aiptu Mansur Tangahu, Kanit Resmob Wentiri usai mencari barang bukti hasil kejahatan, Senin (18/4).

Sepak terjang tiga pemuda dari Kota Bitung ini melakukan aksi di Gorontalo bersama komplotan lainnya yang sudah dibekuk petugas. Tim Resmob Wentiri menangkap terlebih dahulu Fikar pada Minggu subuh pekan lalu di rumahnya, pagi harinya ditangkap Mono di rumah dan Ulu tertangkap di Kampung Unyil di rumah saudaranya di Kelurahan Kakenturan III. "Aksi mereka ini kami ungkap setelah menerima laporan dari masyarakat yang menjadi korban pencurian dengan cara kaca mobilnya dipecahkan pada pekan lalu. Setelah dikembangkan lebih lanjut didapati aksi mereka juga dilakukan di Tomohon dan Gorontalo," ujarnya.

Aksi komplotan curas di Bitung membobol mobil Ayla merah dan menggasak ponsel serta uang tunai Rp 200 ribu di Kelurahan Pakadoodan. Mereka juga membobol mobil Avansa hitam milik warga di persimpangan Kelurahan Girian Permai. Di Girian Atas mereka menggasak uang Rp 31 juta.

"Hasil ini mereka bagi per orang Rp 15,5 juta, membeli ponsel. Kemudian membali perhiasan emas dari hasil curian di luar Kota Bitung," kata Kanit.

Komplotan ini di Bitung beraksi menggunakan motor Yamaha Yupiter MX King merah hitam DB 2179 CT lalu berlanjut ke Kota Tomohon memecahkan kaca kendaraan dan menggasak ponsel dan emas. Mereka juga menyewa motor Yamaha Yupiter MX merah putih plat nomor DB 2788 CV. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar