Jumat, 29 April 2016

Ibu Menyusui Ditantang Berikan ASI



BITUNG - Salah satu isu penting dalam peringatan Hari Kartini tahun ini adalah pentingnya ibu menyusui memberikan Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi mereka. Hal ini kemudian dijadikan tantangan oleh Walikota Bitung, Maxmillian J. Lomban,SE,M.Si, kepada para ibu menyusui yang ada di Kota Bitung. Tantangan untuk menyusui bayi ini doilontarkan Lomban saat menjadi Pembina Upacara peringatan Hari Kartini, di Lapangan Upacara Kantor Walikota Bitung, Senin (25/4).


Menurut Lomban, hal ini merupakan keprihatinan ibu Negara terhadap perilaku ibu-ibu yang tidak mau menyusui anak. Padahal menyusui bayi mereka sendiri membuat keakraban antara ibu dan bayi semakin dekat, dan bayi tidak gampang untuk sakit. ”Tentunya terlebih dahulu para ibu harus memahami dan berperan mengenal Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang intinya Mendukung pemberian ASI sangat penting bagi bayi khususnya selama 6 bulan dan menhindari pemberian susu formula kemasan sebab susu ibu lebih baik,” tegasnya.

Kesempatan berbeda, Kadis Kesehatan Kota Bitung, dr. Vonny Dumingan, menjelaskan bahwa ASI adalah makanan alami terbaik untuk bayi dari ibu melahirkan. Dimana, ASI dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta membantu mengembalikan kondisi hormon ibu setelah melahirkan.

Untuk itu, Dumingan menganjurkan agar setiap ibu melahirkan menyusui bayi mereka, bukannya menggunakan susu formula yang sangat beresiko mengakibatkan kegemukan atau obesitas serta diabetes pada bayi.

Selain itu, tambahnya, manfaat lain menyusui adalah mengurangi resiko bayi terkena berbagai infeksi, misalnya infeksi pada kuping, pernafasan dan pencernaan, atau penyakit seperti alergi, diare, radang telinga, radang otak, penyakit kronis saluran pencernaan, masalah gizi, dan masalah gigi. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar