Rabu, 06 April 2016

Bahan Baku Kritis, Ekspor Perikanan Turun



Industri perikanan di Bitung kian melemah. Terlihat dari berkurangnya hasil industri perikanan. Ini sesuai data Surat Keterangan Asal (lihat grafis, red).

Juru Bicara PT Internasional Alliance Food Indonesia Jufri Mangada mengungkapkan, ekspor perusahaannya jauh menurun. "Hal ini dikarenakan tidak tersedianya bahan baku produksi untuk pengalengan ikan," sebutnya.


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Benny Lontoh, mengakui adanya penurunan ekspor setelah dijalankannya Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan. "Industri perikanan sangat bergantung pada bahan baku. Sedangkan kebijakan menteri melarang jenis kapal yang menjadi penyuplai bahan baku industri perikanan," sebut Lontoh.

"Memang kita mempunyai pengekspor di bidang agro industri seperti kelapa dan lainnya. Namun ekspor terbesar dari Bitung ada di sektor industri perikanan," jelasnya. Lontoh menambahkan, industri perikanan di Bitung hampir kolaps dengan adanya peraturan tersebut. "Pendapatan terbesar di sini ada di industri perikanan. Jadi kalau sampai industri perikanan ini lumpuh, akan sangat berpengaruh pada kondisi ekonomi di Bitung,"pungkasnya. manadopostonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar