Senin, 11 April 2016

Negara Polandia Jajaki Kerjasama dengan Bitung



BITUNG - Daya tarik negara luar terhadap Kota Bitung sebagai satu diantara tiga Kawasan ekonomi khusus di Pulau Sulawesi datang dari Negara di Eropa yaitu Polandia.

Konselor Pertama Mr Romuald Morawski Kepala Divisi Promosi Perdagangan dan Invetasi Kedutaaan Besar Polandia di Jakarta, Senin (11/4) menyambangi Kota Bitung dan mencari taHu sektor apa-apa saja yang boleh dikembangkan, bertemu langsung dengan wakil walikota Bitung Maurtis Mantiri di ruang kerjanya.


"Tujuan kedatangan kami kesini untuk mengenal lebih jauh tentang potensi Ekonomi di Bitung dan bertukar informasi mengenai peluang kerjasama perdagnagan dan investasi," tutur Morawski melalui penterjemah, Senin kemarin.

Secara khusus Polandia menawarkan kerjasama di Bitung mengenai pemanfaatan energi, pemrosesan makanan minuman, pengolaan air dan limbah, pengelolaan sampah dan limbah, teknologi pelabuhan serta banadara, perlistrikan, peralatan rumah sakit dan kelautan dan perikanan.

"Kami juga ingin bertukar informasi mengenai pengeloaan kawasan ekonomi khusus (KEK) karena di Negara kami memiliki 17 KEK yang tersebar di seluruh Negeri polandia," urainya.

Dengan kunjungan ini, pihaknya akan berupaya membangun kontak dan bermitra dengan kota Bitung bersama perusahan-perusahan yang ada di Polandia, baik untuk pengelolaan KEK di Polandia dengan KEK Bitung," tukasnya.

Terpisah Maurits Mantiri wakil walikota Bitung menyambut baik penjajakan kerja sama dari negara Polandia di Kota Bitung, potensi yang ada akan disesuikan dengan tawaran.

"Khusus untuk sektor perkapalan Polandia unggul. Jadi subtansi yang kami berikan kepada mereka berupa hasil indentifikasi mereka apa potensi apa saja di Bitung termasuk infrastruktur yang bisa dijajaki untuk kerja sama," tutur Mantiri ditemui usai menghadiri Musrenbang tingkat Kota di gedung Balai pertemuan umum (BPU) kantor walikota Bitung.

Lanjut Mantiri, bidang dock kapal, perikanan, kapal penangkap, energi dan pendekatan kota yang peduli lingkungan tergambar dalam pertemuan kemarin.

Rencananya penetepan representatif akan dilakukan sebagai tindak lanjut, Bitung punya apa dan Polandia apa nantinya akan saling tukar informasi untuk ditukar kemudian disiapakan apa yang kedua negara butuhkan.

"Tentunya akan di ekspor dan impor dari dan untuk kedua negara," tambahnya.

Kota Bitung juga menawarkan lahan untuk pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK), jalan tol, Interbational Hub Port dan Peti kemas serta potensi pengembangan yang lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar