Sabtu, 30 April 2016

Mantiri Sidak TPA Bitung



BITUNG - Dalam rangka persiapan penilaian Adipura tahun 2016, Wakil Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, melakukan kunjungan kerja dan pemantauan langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, Selasa (26/4). Beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan pun dihimbaunya untuk segera diperbaiki, guna menunjang aktivitas TPA itu sendiri.


Mantiri yang juga didampingi Kadis Kebersihan Kota Bitung, Merianty Dumbela,SE, juga berkesempatan memantau sistim pengomposan sampah pada lokasi tersebut. Menurutnya, Dinas Kebersihan wajib bekerjasama dengan Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan, untuk memanfaatkan hasil pengomposan guna meningkatkan kesuburan fiisik tanah yang bertujuan meningkatkan produksi tanaman.

Selain pengomposan, masih ada juga pemanfaatan gas methane dalam lokasi TPA yang ditinjaunya. Dijelaskannya, pemanfaaatn gas methane ini sebaiknya jangan hanya diperuntukkan pada para pemilah sampah di sekitar lokasi TPA yang berjumlah 16 rumah saja. ”Namun jika gas Methane mencukupi, perlu disalurkan juga kepada masyarakat sekitar. Sebab gas Methane ini bisa dijadikan sebagai pengganti gas yang digunakan untuk memasak oleh masyarakat,” tegasnya.

Dumbela sendiri menjelaskan bahwa dampak penggunaan gas metahne ini antara lain dapat mengurangi dampak pencemaran lingkungan akibat penumpukan sampah. ”Selain berfungsi menjaga kelestarian lingkungan TPA, juga bisa diperuntukkan sebagai pemenuhan kebutuhan gas untuk memasak bagi masyarakat di sekitar TPA,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar