Minggu, 28 Agustus 2016

Astaga! Tarsius Bitung Terancam, Pasukan Garuk Garuk Upayakan Pemadaman Api

BITUNG - Kebakaran hutan di Cagar Alam Tangkoko dan Taman Wisata Alam Batu Putih Provinsi Sulut, terus terjadi hingga Rabu (23/9/2015) kemarin kebakaran makin meluas.

Berdasarkan laporan dari Jenny Rusa Koordinator Forum Kelompok Pencinta Alam (FKPA) Sulut sejumlah 15 orang ikut membantu memadamkan api bersama Manggala Agni BKSD, posisi mereka saat ini berada di 1 kilometer dari lokasi api yang membara.


"Kondisi api semakin meluas melebihi 100 hektar sudah tidak ada lagi titik-titik api karena api sudah tersambung meluas dari Pos III menuju puncak hingga ke arah Gunung Dua Sudara dan sebagian wilayah Serawet," tutur Jenny saat dihubungi Rabu malam.

Akibat meluasnya kebakaran sempat mengakibatkan pohon-pohon di dalam kawasan hutan bertumbangan.

"Ada sekitar 15 pohon jenis beringin yang tumbang," tambahnya.

Kata Jenny keberadaan angin yang bertiup kencang membuat korbaran api tidak semua bisa terisolasi dan jika terus dibiarkan bakal mengancam keberadaan pohon beringin lobang tempat satwa Tarsius 'bermain-main'.

"Kami prediksi jika api terus menjalar besok akan mengancam beringin lubang bisa terbakar, sehingga sangat dibutuhkan. Untuk itu kami benar-benar membutuhkan tenaga dari TNI dan Polri segera kirim pasukan karena api yang coba dipadamkan belum semuanya terisolasi," kata dia.

Bala bantuan terus menerus dihimpun oleh FKPA seperti dari Tunas Kelapa Watudambo, Aesthetica Unima dan kelompok pencinta alam lainnya.

Dalam upaya memadamkan api 15 orang yang bernaung di bawah FKPA Sulut melakukan pemadaman dengan cara garuk-garuk arela yang terbakar, dengan keterbatasan tenaga upaya pemadaman tidak efektif.

"Dalam pemadaman itu kami menggunakan kode sandi Pasukan Garuk-Garuk karena tidak ada alat, medan sulit untuk dijangkau membantu," keluhnya.

Sementara itu dari perkiraan data yang dihimpun perkiraan luas lahan yang terbakar untuk Cagar Alam (CA) Tangkoko 300 Hektar, Taman Wisata Alam (TWA) Batu Putih 170 Hektar, Batu Angus 6 Hektar. www.tribunnews.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar