Rabu, 31 Agustus 2016

Sempat Kabur, 3 Tahanan Polres Bitung Berhasil Ditangkap lagi: Simak Bagaimana Mereka Berhasil Kabur



Rumah tahanan Polres Bitung kembali kebobolan setelah tiga tahanan kasus pencurian pada Sabtu (27/8) sekitar pukul 04.00 wita berhasil melarikan diri. Mereka kabur dengan cara mebobol atap salah satu bilik sel dan dinyatakan hilanh  selama empat hari.

Kemudiam Selasa (30/8) dan Rabu (31/8) berhasil tertangkap oleh tim resmob Polres Bitung dibawah pimpinan Aiptu Mansur Tangahu.

"Mereka kami berhasil mengendus pelarian ketiga tahanan di Desa Klabat Minut yang merupakan daerah domisili mereka dan kini sudah di jebloskan kembali ke ruang tahanan," ucap Kasat Reskrim AKP Coustantein Samuri, Rabu (31/8) kemarin.

Ketiganya adalah FP alias Faisal (22), IS alias Irwan (17) dan SM alias Sabdi (22), ditangkap secara terpisah di perkebunan Desa Klabat. Ditangkap secara tidak bersamaan.

Orang pertama kita tangkap Hari Selasa malam sekitar jam 7, orang kedua tadi pagi (kemarin) sekitar jam 7, dan yang terakhir sekitar jam 11 tadi siang (kemarin,red).

"Dalam pencarian tahanan yang kabur ini juga melibatkan anggota Sat Intelkam Polres Bitung dan keluarga tahanan, untuk memudahkan pelacakan dan terbukti berhasil," jelasnya.

Atas kasus yang baru, para pelaku kasus pencurian akan dijerat lagi dengan hukuman tambahan, yaitu pidana dengan Pasal 223 KUHP turut melibatkan istri dari Sabdi satu diantara tahanan sempat kabur. "Dia (istri Sabdi) sudah terbukti membantu pelarian mereka. Dia yang membawa gergaji untuk memotong besi di ruang tahanan," tambahnya.

Meksi terlibat dalam proses pelarian, istri Sabdi tidak ditahan karena pasal yang dipakai tidak mewajibkan hal itu, hanya ancaman hukumannya rendah.

Pelarian ketiga tahanan kasus pencurian itu dibatu istri salah satu tersangka turut dibenarkan oleh Irwan satu dianyara tahanan yang kabur. "Istri Sabdi dua gergaji besih dalam makanan kami saat membesuk pada Jumat (26/08) lalu," terang Irwan.

Dia menceritakan proses mereka melarikan diri. Yang mana untuk mengelabui petugas maupun tahanan lain, mereka sempat berpura-pura menyanyi.

"Sabri yang menggergaji besi di toilet tahanan. Saya dan Faisal tetap di dalam sambil bernyanyi. Kami melakukan itu supaya suara gergaji tidak terdengar," katanya. Alhasil, setelah terali besi di toilet sudah terpotong, Irwan dan dua temannya langsung memanfaatkan celah itu.

Dengan kejadian ini pihak polres Bitung sudah kecolongan untuk yang ketiga kalinya mengalami tahanan kabur, dan belum mau memberikan keterangan lebih lanjut soal keburnya tahanan dari dalam sel. sumber:manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar