Kamis, 18 Agustus 2016

Wakil Walikota Bitung Dikejutkan dengan Ini Saat Berada di Penjara

BTIUNG - Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri tampak terkejut saat mendengar marga Mantiri disebut dalam daftar narapidana yang mendapat remisi umum II atau langsung bebas, Rabu (17/8).


"Kaget, sih. Tadi ada warga binaan yang sama marga dengan saya dapat remisi," kata Mantiri.

Ia hadir bersama Wali Kota Max Lomban, Ketua DPRD Laurensius Supit, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) menghadiri acara pemberian remisi umum kepada narapidana dan anak di Lemabaga

Pemasyarakatan Kelas IIB Bitung, Kelurahan Tewaan, Kecamatan Ranowulu, Kota Bitung.

"Senang dan terharu, akhirnya bisa bebas lewat pemberian remisi lima bulan dari total lima tahun tiga bulan putusan sidang yang saya jalani," ujar Hans Mantiri (55) kepada Tribun Manado di Lapas Bitung.

Ia mengaku mengenal dan memiliki hubungan saudara dengan Wakil Wali Kota Maurits Mantiri.
Selama menjalami kurungan badan, ia mengaku banyak mengalami perubahan. Setelah bebas, narapidana kasus percabulan ini mengaku ingin kembali ke jalan yang benar.

"Saya akan lebih dekat kepada Tuhan, akan memberi diri melayani di gereja, dan melakukan pekerjaan bertani di Batu Putih, tempat saya tinggal," kata dia.

Kepala Lapas Danang Agus Triyanto menyebut, dalam rangka HUT Kemerdekaan Indonesia ini sebanyak 160 dari 227 warga binaan mendapatkan remisi, sesuai Keputusan Menkumham Nomor W27-91 PK.01.01.02 Tahun 2016.

"Remisi umum I pengurangan masa tahanan 160 orang dan remisi umum II atau langsung bebas murni delapan orang narapidana," jelasnya.

Kepada Wali Kota, Danang meminta dukungan dan kerja sama dari instansi terkait untuk melakukan pola pembinaan katerampilan kepada napi sebelum bebas dan kembali ke masyarakat.
Adapun Wali Kota berjanji akan memberikan perhatian untuk pembinaan narapidana di lapas. "Tahun depan kami akan bantu dari berbagai sisi sesuai kemampuan daerah, mulai dari sarana kebersihan, latihan dan olahraga; dibantu secara bertahap," kata dia. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar