Rabu, 31 Agustus 2016

Kisah Heroik Relawan Bitung Selamatkan Hewan Sekepalan Tangan Manusia dari Kebakaran

BITUNG - Kebakaran di Hutan Tangkoko meresahkan warga, terutama para aktivis pecinta lingkungan.

Pasalnya di lokasi ini banyak hewan dilindungi yang terancam keberadaannya.


Tim Relawan Forum Komunikasi Pencinta Alam (FKPA) Sulut yang terdiri Manggala Agni, awak media dan mahasiswa pencinta alam berusaha mencapai lokasi kebakaran dan mengisolasi daerah yang terbakar.

Menurut Tim FKPA, mereka menyaksikan beberapa satwa dilindungi seperti Burung Paruh Merah, Tarsius (Monyet Mini endemik Sulut) yang berlindung di Pohon Beringin dan Maleo yang berlarian menggaruk tanah mencari makanan.

Sejumlah Satwa ini berusaha diamankan oleh tim relawan dengan mengisolasi daerah- daerah yang telah terbakar.

''Kami menyelamatkan tiga Satwa Endemik, Tarsius di lubang Pohon Beringin dari api yang terus merembet. Soalnya kalau satu di antara mereka bertiga menjadi korban pasti keduanya akan ikut meninggal," ujar Jemmy Rusa, Koordinator Relawan, Jumat (25/9/2015).

Setibanya di Pohon Beringin tempat tiga ekor Tarsius bermukim para relawan dan awak media menyempatkan mengambil momen dengan memotret hewan yang besarnya hanya sekepalan manusia.

"Ini yang kami alami. Melihat Tarisus di tengah habitatnya di tengah hutan. Kalau dikebun binatang atau penangkaran sudah lain suasananya," ujar Andre Anthoni, dari media.

Selain memanfaatkan momen mengabadikan tiga ekor Tarsius yang memancarkan tatapan bola mata yang tajam, rombongan relawan memanfaatkan kesempatan untuk minum.

Setengah jam setelah meninggalkan Pohon Beringin tempat tiga ekor Tarsius tinggal. www.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar