Rabu, 17 Agustus 2016

Buang Sampah Sembarang Timbulkan Kesan Negatif Bagi Wisman



BITUNG - Salah satu faktor pendukung suksesnya 3B adalah masyarakat itu sendiri. Perilaku masyarakat yang masih suka membuang sampah sembarangan, justru akan memberikan kesan negatif bagi wisatawan manca negara (wisman) yang datang dan berkunjung ke Kota Bitung.


Salah satu contoh konkritnya adalah permukaan laut di Selat Lembeh yang acap ternodai dengan sampah. Yang mana, sampah ini bukan saja datang karena dibawa hujan dan banjir, tetapi tidak sedikit pula yang dibuang oleh masyarakat itu sendiri. Baik itu masyarakat yang berdomisili di daerah pesisir, maupun masyarakat yang sementara menumpang moda transportasi tradisional, yakni perahu.

Diungkapkan Wakil Walikota Bitung, Ir Maurits Mantiri, di sela-sela halal bi halal di Kelurahan Papusungan, Kecamatan Lembeh Selatan. Menurutnya, salah satu menjadi daya tarik wisatawan yakni daerah bersih dan memiliki udara segar serta nyaman dikunjungi. Karena itulah Mantiri yang akrab disapa MM ini meminta masyarakat saling mengingatkan dan menegur agar tidak membuang sampah ke laut.

Khusus bagi perahu yang dikomersilkan/tambangan yang akrab disebut perahu taxi, dan lebih banyak beroperasi di wilayah Selat lembeh agar menyediakan tempat sampah. ”Supaya para penumpang tidak sembarang membuang sampah ke laut lagi,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar