Rabu, 14 Desember 2016

27 Desember, Jokowi Resmikan Proyek Pengembangan Pelabuhan Peti Kemas Bitung



Presiden Joko Widodo direncanakan mengunjungi Pelabuhan Peti Kemas Bitung pada 27 Desember nanti. Jokowi bakal mencanangkan proyek pengembangan Pelabuhan tersebut.

"Pak Jokowi direncanakan datang kemari," beber Edy
Nursewan GM Terminal Peti Kemas Bitung Pelindo 4 kepada Tribun Manado di ruang kerjanya, Rabu (14/12). Edy menyatakan, Jokowi bakal memasang patok pencanangan proyek tersebut.

Jokowi juga bakal menyaksikan ekspor peti kemas lewat kapal dari pelabuhan itu yang merupakan cikal bakal International Hub Port (IHP). "Ada juga kapal dari Davao Filipina datang kemari," ujarnya.

Menurut Eddy, pihaknya menyiapkan penyambutan terhadap Jokowi. Sebuah tenda sudah disiapkan di salah satu bagian pelabuhan. Edy menjelaskan, pengembangan itu mencakup reklamasi serta perpanjangan dermaga.

Area reklamasi seluas 5 hektare. "Sementara dermaga akan diperpanjang  131 meter," ujarnya. Tujuan pengembangan Pelabuhan, beber dia, adalah untuk menunjang International Hub Port.

Pihaknya menargetkan, Pelabuhan tersebut bisa menampung 600 ribu tyus kontainer. "Saat ini sudah sekitar 200 ribu, jadi ada peningkatan dua kali lipat," ujar dia. Beber dia, anggaran proyek berjumlah 365 Miliar rupiah bersumber dari penyertaan modal negara. Disebutnya, proyek tersebut tinggal menanti kajian amdal. "Kami targetkan selesai tahun 2018," ujar dia.

INTERNATIONAL HUB PORT

Menyandang status International Hub Port, Pelabuhan Bitung akan jadi pelabuhan utama di Indonesia. Semua kapal peti kemas yang masuk ke Indonesia harus singgah dulu ke pelabuhan Bitung.

"Dari pelabuhan Bitung, barulah ke seluruh pelabuhan di Indonesia bagian timur," beber dia. Disebutnya, pemerintah sudah memutuskan menetapkan pelabuhan Bitung dan Kuala Tanjung Medan sebagai IHP. Menurut dia, pemberlakuan IHP Bitung tinggal tunggu waktu.

"Cikal bakalnya adalah pelayaran yang direncanakan pada kedatangan Jokowi," ujar dia. Diungkapnya, pihaknya memiliki rencana dengan pelabuhan itu. Ke depan, pelabuhan itu akan terkoneksi dengan KEK. sumber:manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar