Selasa, 06 Desember 2016

Lomban Jadi Ikon Bitung Partisipasi Dalam Festival HAM



BITUNG - Pemerintah Kota Bitung turut berpartisipasi dalam Festival Hak Asasi Manusia (HAM) tahun 2016, yang digelar Internatonal NGO Forum On Indonesia Dervelopment (INFID), di Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (2/12). Partisipasi ini dibuktikan dengan presentasi penanganan toleransi Hak Asasi Manusia (HAM) di Kota Bitung, yang dibawakan langsung oleh Walikota Bitung, Maximiliaan J. Lomban,SE,M.Si.

Menurutnya, strategi dan kebijakan pemerintah daerah dalam menjaga hak dan kebebasan keyakinan antar umat beragama adalah sesuai dengan misi pemerintah Kota Bitung yaitu mewujudkan masyarakat Kota Bitung yang religius, aman, damai, berbudaya dan sejahtera. ”Strategi dan kebijakannya peningkatan koordinasi pemerintah daerah dengan tokoh-tokoh agama dan pemangku kepentingan, sedangkan program pemerintah daerah dalam hal menjaga hak dan kebebasan keyakinan antar umat beragama adalah peningkatan kualitas kehidupan, budi pekerti, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat kota,” ujarnya.

Lanjutnya, dalam implementasi apabila ada perbedaan pandangan dan pendapat antar umat beragama selalu diselesaikan dengan cara musyawarah dan kekeluargaan dengan semboyan “torang samua basudara” (kita semua bersaudara), kemudian hal lain yang sangat menonjol adalah dalam pelaksanaan hari raya umat beragama masing-masing pemeluk agama saling menghormati, dengan melakukan pengamanan disetiap kegiatan ibadah yang dilakukan secara bergantian. apabila umat muslim yang merayakan hari raya maka umat kristiani yang bertugas menjaga pengamanan disekitar rumah ibadah demikian pula sebaliknnya.

”Tentunya dalam menangani ekstrimisme dan merawat toleransi, kita sebagai pemimpin harus berani mengambil keputusan dan konsekuensi, guna meminimalisir gesekan masyarakat yang heterogen. Sebab tanggungjawab dan penghormatan HAM, bukan hanya dipegang oleh pemerintah pusat, namun juga pemerintah daerah, terlebih dalam wujud menyatakan komitmen mejadikan Kota HAM,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar