Jumat, 16 Desember 2016

Rehab Kantor Inspektorat Bitung Tak Kunjung Selesai, Kontraktor Dinilai Tak Profesional

Bitung – Menjalang akhir tahun 2016, sejumlah proyek fisik di Kota Bitung terlihat masih dalam tahap pekerjaan dan diprediksi tidak akan selesai sesuai kontrak kerja.


Salah satunya adalah proyek rehab berat Kantor Inspektorat Pemkot Bitung yang dikerjakan CV Carin Jaya dengan nilai kontrak Rp695.400.000 yang hingga kini belum ada tanda-tanda akan selesai tahun ini.

Dari pantauan, Kamis (15/12/2016), kondisi bangunan kantor yang terletak di samping Rumah Dinas Wakil Walikota masih berantakan padahal masa pekerjaan tinggal tiga hari sesuai yang tertera di papan proyek yakni 100 kalender mulai dari tanggal 8 September 2016.

Lebih ironi kondisi dibagian dalam kantor yang masih jauh dari tahap finishing. Pengerjaan dinding dan lantai tampak belum apa-apa serta bagian atap kantor yang terlihat masih bolong di beberapa sudut.

Menanggapi hal itu, Ketua LSM Lumbung Informasi Rakyat, Sany Kakauhe menilai kontraktor pelaksana proyek rehab berat Kantor Inspektorat tidak profesional.

“Setahu saya waktu pelaksanaan proyek itu 100 hari kalender, tapi herannya tidak bisa selesai. Jadi saya menilai ini kontraktor tak profesional,” kata Sany.

Ia mendukung pemerintah menjatuhkan sanksi tegas kepada kontraktor dan tak memberikan tambahan waktu pelaksanaan proyek atau adendum.

“Adendum diberikan jika ada force majeur. Dan salah satu unsur force majeur adalah bencana alam, tapi sesuai kenyataan yang ada, selama proyek berlangsung tidak terjadi bencana alam. Sehingga jika kontraktor diberi adendum, itu jelas sebuah kesalahan. Itu sama saja kongkalikong antara panitia dan kontraktor,” katanya.

Sementara itu, upaya konformasi terhadap CV Carin Jaya, Lucky Marentek via ponsel tak membuahkan hasil.

Pasalnya, nomor ponsel Lucky dalam keadaan tidak aktif kendati telah dihubungi berkali-kali dan mencari di lokasi proyek.

“Bos (Lucky, red) sibuk mengurus tagihan di Kantor Walikota, dan kami juga sementara menunggu dia,” kata salah satu pekerja di proyek rehab Kantor Inspektorat. beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar