Senin, 15 Juni 2015

Cicipi Lezatnya Ikan Segar, Yuk ke Pasar Tua Bitung



Hasil tangkapan laut adalah primadona Kota Bitung, Sulawesi Utara. Jika berkunjung ke kota pelabuhan ini, sempatkan diri mencicipi nikmatnya berbagai jenis ikan segar.
Di Bitung, memang banyak titik yang menjual kuliner ikan laut segar. Tapi lokasi yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Pasar Tua.
Pasar ini merupakan pusat kuliner ikan segar, dan telah didaulat
pemerintah Kota Bitung sebagai lokasi wisata kuliner. Sehingga tak heran, pasar ini selalu ramai dikunjungi. Terlebih saat malam.
Ikan-ikan yang dijual diambil langsung di pelelangan, tak jauh dari lokasi Pasar Tua ini. Sehingga kesegaran dari ikan-ikan ini tak usah diragukan lagi.
Di Pasar Tua ini, berjejer warung-warung makan. Tak hanya ikan saja, berbagai jenis kuliner lainnya, mulai dari yang ringan hingga berat ada.
Di pasar yang berbentuk kotak ini, ikan-ikan mentah yang dijual dipajang di depan warung. Yang ingin membeli, bisa memilih langsung ikan mana yang akan disantap.
Lokasi ini pun tertata rapi, warung berjejeran dengan rapi. Akses pun dibuat satu jalur agar kendaraan tak tumpang tindih.
Olahan ikan mentah tersebut umumnya dibakar. Tapi ada juga beberapa warung yang menyediakan olahan lainnya woku belanga, khas Sulawesi Utara, goreng dan jenis lainnya.
Harga ikan-ikan ini bervariasi, sesuai jenis dan ukurannya. Kakap merah misalnya, yang besar bisa seharga Rp 80 ribu. Begitu juga cumi-cumi ukuran besar yang bisa sampai Rp 130 ribu.
Kisaran harga yang dibanderol Rp 30 - 150 ribu per ekornya. Harga ini baru berlaku untuk ikannya. Belum jika akan disantap dengan nasi, sayur atau lauk lainnya.
Pasar Tua ini sangat mudah ditemui, karena berada di pusat Kota Bitung, tepatnya di Kelurahan Bitung Tengah. Berada di kawasan pinggir laut dan tak jauh dari pelabuhan Kota Bitung.
Dari Kota Manado, butuh waktu sekitar 90 menit berkendara hingga ke Pasar Tua. Yang naik angkutan umum, dari terminal Paal Dua Manado naik jurusan Kota Bitung. Turun di terminal Tangkoko, dan naik mobil ke pusat kota.
Kota Bitung punya wisata alam yang memesona, seperti Taman Wisata Alam Batu Putih Tangkoko. Juga beberapa destinasi wisata menarik lainnya. Tapi jangan lupa kunjungi Pasar Tua untuk menikmati lezatnya ikan segar. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar