Selasa, 27 Agustus 2013

Manfaatkan Lahan Tidur, Belajarlah ke Dodik Secata B

Program pemanfaatan lahan tidur yang ditelorkan Pemkot benar-benar dilaksanakan jajaran Dodik Secata B Kota Bitung. Bahkan boleh dikatakan, Dodik Secata B yang dikenal sebagai tempat menempa para prajurit juga bisa menjadi ajang untuk belajar memanfaatkan lahan tidur dengan tanaman hortikultura.

Buktinya, di lokasi Dodik Secata B Wangurer ketika berkunjung tak ada lahan tersisa selain akses jalan. Semuanya ditanami dengan aneka hortikultura. Ada yang menggunakan polybag, ada juga yang menggunakan kaleng bekas serta langsung ditanam di pekarangan kantor, barak dan halaman asrama.
“Jadi jangan kaget kalau datang karena semua lahan kami gunakan untuk menanam sayur-sayuran, cabe, tomat dan aneka bumbu dapur.Karena memang kami ingin betul-betul memanfaatkan lahan tidur untuk menghasilkan,” kata Komandan Dodik Secata B Kota Bitung,Letkol Inf Jimmy Marunduh, Selasa (27/8).

Marunduh mengatakan, dirinya tergerak memanfaatkan lahan tidur dengan berbagai tanaman hortikultura ketik amendapati sejumlah ekonomi anggotanya sebagian besar hanya pas-pasan. Ditambah lagi jaminan kehigenisan sayur dan bumbu dapur di pasar tidak dapat dipastikan karena tidak menutup kemungkinan menggunakan bahan-bahan kimia dan pengawet.

“Awalnya memang berat untuk mengajak 107 orang anggota saya untuk mulai menanam dengan memanfaatkan lahan tidur karena mereka pada umumnya lebih tertarik untuk memancing ikan dilaut,” katanya.

Ia kemudian hanya meminta kepada tiap anggotanya untuk menanam saja dan ia yang berjanji untuk menyediakan bibit dan merawat tanaman itu.  Namun setelah beberapa bulan hasilnya mulai terlihat, para anggota Dodik Secata B ini kemudian sadar dan memulai sendiri menanam hingga merawat setiap hari.

“Kami sudah tiga kali penen dan hasilnya memang sangat membantu dapur anggota kendati kami belum bisa menjualnya selain dikonsumsi sendiri,” katanya.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat ini Marunduh didaulat untuk mengikuti lomba ketahanan pangan tingkat provinis khusus pemanfaatan lahan tidur mewakili Kota Bitung. Padahal dirinya dari awal hanya berkeiinginan agar sejumlah lahan yang ada di Dodik Secata B bisa menghasilkan sesuatu untuk membantu ekonomi anggotanya.
  (beritamanado.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar