Senin, 26 Agustus 2013

Tahun Ini, Bitung tak Dapat Jatah Rekrut CPNS

Meskipun Pemerintah Kota Bitung melalui Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Kota Bitung telah mengirimkan usulan 400 formasi CPNS untuk Bitung tahun 2013 ini, tetapi dipastikan tahun ini Bitung tidak dapat jatah untuk perekrutan CPNS.

Kepala BKDD Kota Bitung Ferdinand Tangkudung mengatakan, informasi Bitung tidak dapat jatah penerimaan CPNS diperoleh langsung dari Kementerian PAN belum lama ini. "Tahun ini Bitung tidak ada jatah penerimaan CPNS, begitu keputusan dari pusat," ujar Tangkudung, Senin (26/8/2013).
Ada beberapa alasan yang membuat pemerintah pusat tahun ini tidak memberi jatah untuk perekrutan CPNS di Bitung, salah satunya karena anggaran belanja pegawai di Bitung tahun 2012 yang belum mencapai 50 persen. "Padahal untuk 2013 ini total rasio belanja pegawai sudah memenuhi syarat, tetapi ternyata memang yang dilihat dan dijadikan patokan adalah tahun 2012," ujar Tangkudung.

Diakui Tangkudung, keputusan ini cukup menyulitkan buat Pemerintah Kota Bitung mengingat saat ini Bitung sangat membutuhkan tambahan formasi pegawai khususnya guru dan tenaga kesehatan. "Seharusnya Bitung masih butuh sekitar 1.000 PNS tetapi memang tidak bisa sekaligus diminta ke pusat, maka diputuskan tahun 2013 kami ajukan usulan hanya sebanyak 400 formasi saja, tetapi memang belum diluluskan untuk tahun ini, " ujarnya.

400 formasi ini menurut Tangkudung didominasi oleh tenaga kesehatan dan pendidikan. "Formasi paling mendesak yang dibutuhkan Bitung saat ini adalah formasi tenaga kesehatan dan pendidikan dengan jumlah sekitar 300-an, sisanya akan menempati posisi fungsional di dinas dan badan yang ada di lingkungan kerja Pemko Bitung," terang Tangkudung.

Dirinya berharap, tahun depan Bitung bisa dapat jatah untuk perekrutan CPNS. "Mengingat kebutuhan yang mendesak, semoga tahun depan bisa diluluskan pemerintah pusat," tandasnya.
  (manado.tribunnews.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar