Jumat, 16 Agustus 2013

Pejabat Bersorak 2014 Gaji PNS Naik 6 persen

Ruangan paripurna DPRD Kota Bitung tiba-tiba riuh dengan tempukan tangan dan sorakan gembira dari puluhan pejabat ketika mendengar rencana pemerintah pusat akan menaikkan gaji PNS dan TNI/Polri naik 6 persen.

Rencana kenaikan gaji PNS dan TNI/Polri ini disampaikan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika menyampaikan pidato R-APBNP yang disaksikan dari layar kaca oleh pejabat Kota Bitung yang menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Bitung mendengar pidato kenegaraan Presiden RI dalam rangka penyampaian/keterangan pemerintah atas randangan undang-undang tentang APBN 2014 beserta nota keuangan, Jumat (16/8).
Rapat paripurna istimewa ini dipimpin Ketua DPRD Kota Bitung, Santy Gerald Luntungan didampingi Walil Ketua, Maurits Manatiri dan dihadiri Walikota, Hanny Sondakh, Wakil Walikota serta Sekkot, Edison Humiang dengan puluhan anggota DPRD dan pejabat pemkot.

Dalam sambutannya, SBY juga menjanjikan menaikkan gaji pensiun pokok sebesar 4 persen untuk mengantisipasi laju inflasi. Rencana kenaikan gaji itu menurutnya, sesuai dengan upaya untuk terus meningkatkan kesejahteraan rakyat sehingga dalam tahun 2014 mendatang Pemerintah juga tetap berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur negara, baik PNS maupun TNI dan Polri, serta para pensiunannya.

Alokasi anggaran belanja pegawai tahun 2014 direncanakan sebesar Rp276,7 triliun atau meningkat 18,8 persen dari belanja pegawai dalam APBNP tahun 2013.

Anggaran belanja non kementerian dan lembaga dalam RAPBN tahun 2014 yang direncanakan sebesar Rp 636,4 triliun dialokasikan antara lain untuk belanja subsidi dan pembayaran bunga utang.

Anggaran belanja subsidi direncanakan sebesar Rp336,2 triliun, yang berarti turun sekitar 3,4 persen dari anggaran belanja subsidi dalam APBNP tahun 2013.  
(beritamanado.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar