Kamis, 10 November 2016

Lomban: Hari Pahlawan, Warisan Politik Harapan



BITUNG - Persitiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya menjadi cikal bakal Hari Pahlawan, telah memberikan pemahaman dan wawasan seluruh generasai Bangsa Indonesia, bahwa warisan para pejuang di masa lampau itu adalah politik harapan.

Hal ini diungkapkan Walikota Bitung, Maximiliaan J.Lomban,SE,M.Si, saat menjadi Inpektur upacara dalam upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November 2016, di Lapangan upacara Kantor Walikota Bitung, Kamis (10/11).


”Peringatan Hari Pahlawan didasarkan pada peristiwa ”pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. Sehingga, peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan, melainkan politik harapan,” ujarnya.

Turut hadir dalam peringatan Hari Pahlawan ini Sekretaris Kota Bitung, Drs. Malton Andalangi, unsur Forkompimda Kota Bitung, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bitung, Para Assisten, Staff Ahli, Kepala SKPD dan Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Bitung serta Veteran Kota Bitung, TNI dan Polri.

Lomban yang turut didampingi Wakil Walikota Bitung Ir. Maurits Mantiri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam memperjuangkan mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dengan satu tekad dan ketulusan, jelasnya, untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, maka Bangsa Indonesia dapat mengatasi permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa “Pemenang” mampu bersaing dengan Negara dan bangsa lain, sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2016 yaitu ”Satukan Langkah Untuk Negeri”.

”Pada kesempatan yang baik ini kami mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya, menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini, Selamat Hari Pahlawan, 10 November 2016,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu juga, Lomban menyerahkan bibit pohon kepada Ketua TP-PKK Dra. Khouni Lomban Rawung, didampingi Wakil Ketua TP-PKK Kota Bitung, Ny. Rita A. L. Mantiri-Tangkudung,ST dan diteruskan kepada para Ketua TP-PKK Kecamatan se-Kota Bitung. Bibit poho juga diserahkan kepada perwakilan Pemuda Pancasila, Glen Lomban, Ketua KNPI Kota Bitung, Dr. Calvin Wuisan, serta perwakilan Palang Merah Indonesia, Sefferson Sumampouw.

Peringatan Hari Pahlawan kemudian dilanjutkan dengan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Bitung, untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia. www.manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar