Jumat, 25 November 2016

Mantiri Doakan ASN Agar tak Terlibat Pungli



Berdoa tiap pagi adalah rutinitas Wakil Wali Kota Bitung Maurits Mantiri. Akhir-akhir ini, para ASN lebih sering disebut Mantiri dalam doa paginya. "Saya selalu mendoakan para ASN, semoga Tuhan melindungi mereka," kata Mantiri kepada Tribun Manado, Kamis (24/11).

Manurut Mantiri, ia rutin mendoakan ASN karena beberapa di antara mereka tengah berurusan dengan hukum atas kasus dugaan pungutan liar dan korupsi. Harapannya, para ASN diberi hikmat agar terhindar dari perbuatan tercela. "Saya dan keluarga selalu mendoakan para ASN agar mereka dijauhkan dari berbagai penyimpangan," kata dia.

Mantiri menilai, beberapa ASN tersandung masalah hukum akibat terjebak pada kebiasaan tanpa menyadari hal itu salah. Dia meyakini, beberapa di antara mereka punya hati nurani yang baik. "Mereka terbuai dengan kebiasaan yang lama," kata dia.

Mantiri menceritakan pengalamannya sewaktu berhadapan dengan ASN yang kena masalah hukum. Melihat ASN itu ketakutan, Mantiri menyemangatinya. "Kalau anda tidak bersalah jangan takut," kata dia.

Mantiri menyatakan para ASN Bitung, terutama kepsek sementara mendapat sorotan publik. Keluhan warga terbanyak diungkapkan lewat medsos. "Makanya kita harus doakan mereka," ujar dia. Diketahui, sejumlah ASN Pemkot Bitung terjerat kasus dugaan korupsi. Kasus dugaan proyek fiktif menjerat oknum Kadisnaker.

Ada lagi kasus dugaan penyimpangan pembangunan ruangan di sebuah SD yang menyeret oknum kepsek sebagai tersangka. Sementara kasus dugaan pembuatan KTP palsu melibatkan lima ASN. Tak hanya berdoa, Mantiri juga akan bekerja untuk menjauhkan para ASN dari perilaku buruk. Salah satu kiatnya adalah dengan membentuk tim saber pungli.

Menurut Mantiri, Saber Pungli yang dipimpinnya berbeda karena lebih berorientasi pada pencegahan. "Kita lebih berat pada unsur pencegahannya," ujar dia. Mantiri mengatakan, tim akan membagikan alur tata cara kerja yang benar. Tim juga akan membagikan sejumlah kiat. "Contohnya untuk kepsek selesai proyek langsung temui inspektorat minta bikin pemeriksaan," ujar dia.

Kapolres Bitung baru, AKBP Philemon Ginting berjanji menseriusi masalah pungli dan korupsi di Bitung. Ketika ditanya mengenai Polres Bitung yang ketinggalan dengan instansi penegal hukum lainnya dalam pemberantasan korupsi, ia optimis Polres bisa. "Mudah - mudahan ada tangkapan," kata dia.

Di sela acara, Ginting dan Kejari Bitung Agustian Sunaryo terlihat tukar menukar nomor ponsel. Keduanya pun terlibat percakapan akrab. sumber:manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar