Minggu, 27 November 2016

Lirik Bitung, Ini yang Ditawarkan Investor Italia



Bitung terus dilirik investor dari berbagai negara. Kali ini giliran investor Italia menawarkan kerja sama. Giulio Enrico Biddau mewakili perusahaan CGE Company Compagnia Generale Elettrica Waste to Energy menawarkan teknologi pengelolaan sampah modern. Ini ditawarkan langsung Giulio ke Wali Kota Bitung Maximiliaan Jonas Lomban (MJL) di ruang kerjanya, Senin (21/11).

Menurut Giulio, teknologi pengolahan sampah ini sangat efektif dan bisa menjadi energi dan panas. Beberapa kota di Italia seperti Milan dan Turin sudah memiliki teknologi dimaksud. “Adapun keuntungan dari memliki unit sampah tersebut adalah tidak perlu lagi adanya TPA,” katanya.

Teknologi ini lanjutnya, juga padat karya. Karena hanya operator di ruang kontrol, supir truk sampah dan insinyur yang mendesign fasilitas yang dibutuhkan. “Lewat teknologi ini akan menghasilkan energi dan panas yang besar dari 1 kg sampah. Residu sangat kecil, bahkan bisa menghasilkan batu bata untuk bangunan,” urainya. Ini, kata dia, adalah investasi jangka panjang. Lahan yang dibutuhkan hanya 15 ha untuk ukuran Bitung.

Lomban mengatakan, perusahaan tersebut sudah bekerjasama dengan pemerintah propinsi yang di-follow up dengan MoU antara beberapa pemerintah kota/kabupaten. “Antara lain Bitung, Minut dan Tomohon yang diintegrasikan guna penyediaan lahan,” katanya. Lanjut dia, teknologi pengelolaan sampah yang disampaikan Giulio bisa menjadi inspirasi. Dia juga yakin jika diterapkan akan bermanfaat ke depan bagi kemajuan kota bitung. sumber:manadopostonline.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar