Senin, 07 November 2016

Kemenko Perekonomian dan Maritim Kunjungi IHP dan KEK Bitung



Selain mempermudah akses mobilisasi barang dan jasa ke wilayah timur Indonesia, keberadaan Bitung sebagai International Hub Port (IHP), juga diharapkan mampu menciptakan sentra-sentra perekonomian yang baru.

Guna mendukung perwujudannya, Pemerintah Kota Bitung
meminta dukungan penuh kepada Pemerintah Pusat. Perihal tersebut disampaikan Walikota Bitung, Maximiliaan J.Lomban,SE,M.Si, saat mengadakan pertemuan dengan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Dr. Lukita Dinarsa Tuwo dan Staf Ahli Menteri Koordinator (Menko) Maritim, Lambock Nahattands, di Rumah Dinas Walikota Bitung, Senin (7/11).

Pertemuan ini dimanfaatkan Lomban untuk memaparkan tentang Grand Design Hub Port Bitung dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, serta tentang efisiensi pengiriman barang dari luar negeri melalui pelabuhan Peti kemas Bitung. ”Jadi untuk barang yang akan diimpor dari negara seperti Jepang, Korea, Cina dan sekitarnya, harus melalui Pelabuhan Bitung dan tidak merubah jalur impor yang ada di pelabuhan peti kemas yang ada wilayah Indonesia bagian Barat,” ujarnya.

Dengan menjadikan Bitung sebagai titik eksport dan import barang, jelasnya, akan membantu meningkatkan gairah logistik dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Apalagi, karena perputaran nilai mata uang rupiah semakin bertambah. ”Karena itu kami mohon pemerintah pusat memperhatikan ini,” tegasnya.

Menanggapi itu, Sekretaris Kemenko, Dr. Lukita Dinarsa Tuwo, bersama memberikan sinkronisasi pandangan pihak pemerintah pusat, pemda dan Pelindo, perihal efisiensi impor barang dari dan melalui pelabuhan peti kemas Bitung. ”Jadi untuk impor berlaku sama dengan keluarnya nanti, tidak akan mengubah barang yang masuk ke Indonesia melauli Singapura dan langsung ke Bitung. Begitu juga sebaliknya, barang yang dikirim dari Jawa ke Singapura melalui Pulau Sumatera dan dari daerah di Indonesia bagian timur melalui pelabuhan Peti kemas Bitung,” jelasnya.

Pertemuan ini kemudian dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke lokasi Pelabuhan Peti Kemas Bitung dan lokasi KEK. Turut hadir dan mendampingi rombongan ini Komisaris Utama Pelindo IV, Laksamana Muda Agus Purwoto, Sekretaris Kota Bitung, Drs Malton Andalangi, sejumlah pimpinan SKPD dan jajaran Pelindo. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar