Senin, 14 November 2016

Lomban Minta Kemenko Support Perekonomian Bitung



BITUNG - Walikota Bitung Maximiliaan Lomban SE MSi meminta dukungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, untuk mendukung perekonomian Kota Bitung. Permintaan itu disampaikan saat kunjungan Sekretaris Kemenko Dr Lukita Dinarsa Tuwo, Senin (7/11) kemarin.

Pada kesempatan tersebut Lomban memaparkan tentang grand design Hub Port Bitung dan kawasan ekonomi khusus (KEK) Bitung, serta tentang efisiensi pengiriman barang dari luar negeri melalui pelabuhan Peti kemas Bitung.

Dijelaskan Lomban, barang impor dari Negara Jepang, Korea, Cina dan sekitarnya harus melalui Pelabuhan Bitung. “ Tidak merubah jalur impor yang ada di pelabuhan peti kemas di wilayah Indonesia bagian Barat,” jelas Lomban.

Hal ini untuk meningkatkan gairah logistic dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia kerena perputaran nilai mata uang rupiah semakin bertambah. “Mohon pemerintah pusat memperhatikan ini,” tukasnya.

Sementara, Sekretaris Kemenko bersama Staf ahli Menko Maritim Lambock Nahattands, memberikan sinkronisasi pandangan pihak pemerintah pusat, pemda dan Pelindo perihan efisiensi impor barang dari dan melalui pelabuhan peti kemas Bitung. “Jadi untuk impor berlaku sama dengan keluarnya nanti, tidak akan mengubah barang yang masuk ke Indonesia melaui Singapura dan langsung ke Bitung. Begitu sebaliknya, barang yang dikirim dari Jawa ke Singapura melalui pulau Sumatera dan dari daerah di Indonesia bagian timur melalui pelabuhan Peti kemas Bitung,” ujar Sekmenko.

Turut hadir Komisaris utama Pelindo IV Laksaman muda Agus Purwoto, Sekretaris Kota Bitung Drs Malton Andalangi, Kepala Pelindo Bitung Abdul Rahman, Kepala Peti Kemas Bitung Edy Nursewan, Kadis Perindag Sulut Jenny Karouw, juga sejumlah pimpinan SKPD dan jajaran Pelindo yang saat tersebut turut mendampingi Lomban bersama Rombongan dalam melakukan pemantuan di Pelabuhan Peti Kemas dan KEK. mediasulut.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar