Sabtu, 16 Januari 2016

Superman Sendirian Jaga Kantor DPRD Bitung, 27 Anggota DPRD Lainnya 'Jalan-jalan' ke Luar Kota



Suasana kantor DPRD Bitung yang selalu ramai oleh obrolan para wakil rakyat, Selasa (12/1), tampak sepi. Tak ada aroma asap rokok dan kopi di ruang-ruang kerja mereka. Listrik yang padam saat dikunjungi menjadikan suasana dalam kantor tampak gelap dan pengap.
Suasana itu sudah terasa sejak Senin (11/1). Dari 28 wakil rakyat yang berkantor di situ, 27 orang di antaranya tak tampak. Bila saja Boy Gumilang tak mementingkan urusan keluarganya di Bitung,
kantor DPRD tersebut sama sekali ditinggalkan. Wakil rakyat yang bernama lengkap Superman Boy Gumilang itu tak mengikuti kunjungan kerja ke luar daerah seperti 27 rekannya yang lain.
Informasi yang diperoleh Tribun Manado di Sekretariat DPRD, pemimpin dan sebagian besar anggota DPRD melakukan kunjungan kerja hingga 16 Januari. Sejumlah kota besar menjadi tujuan mereka. Sekretaris Komisi A Greity Mandey dan Anggota Komisi A Martje Rantung, misalnya, mengunjungi DPRD Kota Tangerang dan Inspektorat Bekasi. Keduanya ingin belajar mekanisme review rencana kerja anggaran (RKA) pelaksanaan satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
Sumber Tribun menyebut, Bali juga menjadi tujuan kerja. Wakil Ketua Komisi C Djon C Hamber bersama dua anggota Komisi C, Habriyanto Achmad dan Keegan Kojoh mengunjungi DPRD Kota Denpasar, Dinas Tata Ruang Denpasar, dan DPRD Kabupaten Badung untuk pengembangan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau untuk penataan ruang kota.
Tak ketinggalan Ketua DPRD Laurensius Supit. Bersama sejumlah personel Komisi C, yakni Femmy Lumatauw, Nabsar Badoa, Joel Lengkong, dan Syam Panai melakukan kunjungan kerja ke Dinas Cipta Karya dan Penataan Ruang Kota Tangerang, DPRD Kota Tangerang, dan Dinas Tata Ruang Kota Bogor.
"Mereka akan mencari tahu dan membahas strategi integeritas tata ruang kota dalam perwujudan keseimbangan ekosistem," kata sumber.
Dalam daftar surat tugas kunjungan kerja ada juga nama Anthonius Supit. Wakil rakyat ini sedang digoyang rencana pemberhentian antarwaktu (PAW) dan pemberhentian dari keanggotaan partai Nasional Demokrat (Nasdem). Bersama Wakil Ketua Komisi B Juliawati Dewi Suawa, Wakil Ketua Komisi B Erwin P Wurangian, Sekretaris Komisi B Faizal Dzulkarnain berkunjung ke DPRD Kota Tangerang Selatang dan DPRD Kabupaten Gianyar.
Di rombongan ini juga ada para personel Komisi B, Robby Lahamendu, Julitje Maringka, Jantje Lambey, dan Tonny Yunus.
"Mereka membahas strategi pemerintah daerah dalam menarik insvestor untuk penanaman modal asing dan dalam negeri terhadap peningkatan pertumbungan ekonomi daerah," ujar sumber.
Rombongan DPRD lainnya yang berangkat, Ketua Badan Legislasi DPRD Ahmad Syafrudin Ila bersama anggotanya, Stenly M Pangalila dan Ronny Boham. Mereka melakukan kunjungan kerja ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Bekasi, DPRD Kota Bekasi, dan DPRD Kabupaten Bekasi tentang pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan dan permukiman kumuh.
                                                                                                                                                                               Pernah bernazar
Yang mengejutkan adalah keikutsertaan wakil rakyat yang menazarkan tak melakukan kunjungan kerja selama menjabat wakil rakyat, Victor Tatanude. Ketua Komisi A dari Fraksi PDI-Perjuangan ini melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kota Tangerang dan DPRD Kota Denpasar membicarakan sistem penyelenggaraan pendidikan.
Ia berangkat ke sana bersama Wakil Ketua Komisi A Vonnu O Sigar, dan para anggota Komisi A, Franky Julianto, Luther Lorameng, Rudolf Wantah, Alexander Wenas, dan Yulita Takalamingan.
"Nazar saya waktu itu selama setahun kemarin 2015 tidak pernah berangkat. Kali ini harus berangkat karena bertepatan dengan Rakernas PDI-Perjuangan di Jakarta," tutur Tatanude beberapa hari sebelum berangkat.
Kepala Bagian Keuangan Sekretariat DPRD Jein Paendong membenarkan bahwa para personel Komisi A, B, dan C tengah berangkat ke daerah-daerah yang berbeda. Namun ia tak menerangkan lebih lanjut detail keberangkatan para wakil rakyat itu. "Silakan konfirmasi ke Kabag Humas Sekretariat DPRD," tukasnya.
Namun Kabag Humas DPRD Bitung Donald Manansang belum dapat dikonfirmasi terkait keberangkatan para wakil rakyat. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar