Selasa, 27 Oktober 2015

Rumah Burung Maleo Ikut Terbakar



BITUNG - Jenly kepala Resort Batu Putih Tangkoko BKSD Sulut menjelaskan titik api yang baru berada di daerah Tiwo dan Rumesung Cagar Alam (CA) Tangkoko dalam sekejap membakar areal yang menjadi tempat tinggal burung Maleo (Macrocephalon maleo), Senin (26/10).


"Kebakaran yang terjadi biasanya api muncul dari bawah kali ini berbeda api turun dari atas gunung Tangkoko. Sekitar 15 menit api langsung membakar areal hutan Cagar Alam Tangkoko ada beberapa titik membakar puncak hutan Tangkoko akibatnya sejumlah burung-burung berbagai jenis bertebangan keluar dari rumah mereka yang telah terbakar," terang Jenly.

Sementara itu dari informasi sambungan handphone yang dibangun Jenly dengan sejumlah guide yang melakukan pemadaman akibat kebakaran Senin kemarin berdampak pada seekor Kus-kus.

"Ada kus-kus berjenis jantan sempat jatuh terperangkap di tengah-tengah kepulan asap, beruntung cepat diselamatkan," tukasnya.

Toyib Hambali Makoagow SH Kadaops mengaku selain menggunakan cara pengeboman air pihak Manggala Agni tetap fokus dengan upaya pemadaman darat.

"Jadi setelah racun air dijatuhkan tim Manggala Agni tetap kami melakukan pemadaman," terang Hambali.

Kata dia, Senin kemarin ada dua grup yang menyitari lokasi titik api yang baru bergerak dari arah pantai dan dari arah puncak. "Luas kebakaran sendiri berkisar 2500 hektar khusus di kawasan konservasi Kota Bitung dari 1.500 dan 1.800, diluar kawasan 200 sampai 250 hektar," tukasnya. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar