Minggu, 18 Oktober 2015

Pariwisata Kota Bitung Lesu



Meski mempunyai potensi pariwisata yang melimpah namun Pemerintah Kota Bitung belum mampu menjadikan pariwisata sebagai salah satu sumber penghasilan daerah, hal ini dikarenakan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pola pikir masyarakat belum siap untuk menjadikan kota Bitung sebagai salah satu tujuan wisata di Sulawesi Utara. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Kota Bitung, Rita Tumewu dalam work shop pengemasan sadar wisata
dan sapta pesona di Kota Bitung.
"Banyak kendala yang kita hadapi dalam mengembangkan sektor pariwisata di kota Bitung, salah satunya SDM masyarakat yang berada disekitar kawasan wisata yang belum siap untuk menjadikan kota Bitung sebagai kota tujuan wisata sebagaimana masyarakat lain yang kita temui di daerah yang pariwisatanya sudah maju dan berkembang," ujar Tumewu.
Tumewu menjelaskan, masyarakat kota Bitung belum begitu paham tentang bagaimana menjadi tuan rumah yang baik dan harus menunjukan sikap yang ramah kepada setiap pengunjung yang datang, baik pengunjung lokal maupun asing. Untuk itu dirinya terus berupaya melakukan berbagai terobosan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya menunjukan sikap yang baik kepada wisatawan agar para wisatawan merasanya nyaman saat berkunjung ke Kota Bitung.
"Pengembangan pariwisata harus sejalan dengan membuka pikiran masyarakat terhadap pentingnya mendatangkan banyak pengunjung, karena akan berdampak pada perekonomian, tanpa sinergi antara pelaku pariwisata, pemerintah dan masyarakat dalam pengembangan objek wisata daerah, tentu tidak memberi dampak dalam meningkatkan tahap ekonomi masyarakat daerah," terangnya.
Ia menambahkan, SDM masalah infrastruktur juga menjadi kendala dalam peningkatan objek pariwisata kota Bitung, disamping akses jalan ke lokasi wisata, signal komunikasi juga belum sepenuhnya bisa menjangkau ke seluruh daerah tujuan wisata di Kota Bitung.www.manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar