Minggu, 11 September 2016

Kementrian PUPR Hibahi Rp 141,7M ke Pemkot Bitung



BITUNG - Setelah sehari sebelumnya menerima bantuan berupa alat berat, Pemkot Bitung kembali menerima hibah sebesar Rp 141,7M dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI. Hibah yang diserahkan secara simbolis yakni Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) di Tangkoko Kelurahan Manembo-nembo, Kecamatan Matuari, diserahkan oleh Sekretaris Jendral Kementrian PUPR RI, Taufik Wijoyono dan diterima oleh Walikota Bitung, Maximillian Jonas Lomban,SE,M.Si, Rabu (31/8).


Selain Rusunawa, aset yang dihibahkan senilai Rp 141,7 miliar tersebut meliputi juga instalasi pengolahan sampah, instalasi pengolahan air permukaan kapasitas sedang dan kecil, jaringan induk distribusi, jaringan pipa distribusi, jalan desa, peralatan dan mesin, serta prasarana dan sarana dasar Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Dalam sambutannya, Taufik menjelaskan bahwa Kementerian PUPR RI saat ini menghibahkan aset Barang Milik Negara (BMN) di bidang infrastruktur permukiman kepada 32 pemerintah Kabupaten/Kota, termasuk Kota Bitung. ”Kami mengharapkan agar hibah BMN Kementerian PUPR ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Momen ini sekaligus memberikan pembelajaran bersama antara pusat dan pihak daerah untuk mengelola aset yang lebih baik,” ujarnya.

Berkaitan dengan Rusunawa, Taufik menjelaskan bahwa pembangunan rusunawa sudah sepenuhnya akan dikerjakan oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan sedangkan untuk Direktorat Pembiayaan Perumahan yaitu sebagai fasilisator dengan menarik anggaran dari luar Kementeriaan.

Turut mendampingi Lomban saat menerima bantuan hibah ratusan milyar rupiah ini yakni Kepala Dinas PUPR Kota Bitung, Ruddy Theno,ST,MT. Sementara Lomban sendiri usai menerima bantuan hibah ini menjelaskan bahwa pihak Pemkot Bitung akan berupaha mengelola aset-aset yang ada, sehingga mampu menopang program pembangunan yang sudah dijalankan, baik dari tingkat pusat maupun daerah sendiri. ”Tentunya dengan aset yang sudah kita terima dan kelola ini, nantinya bisa membantu kita dalam meningkatkan standar pelayanan minimum,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar