Jumat, 09 September 2016

Ini yang Dilakukan Dinkes Bitung Antisipasi Virus Zika 

Bitung – Virus Zika saat ini menjadi ancaman bagi kesehatan masyarakat setelah beberapa waktu lalu terdeteksi mulai masuk di Singapura.


Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkot Bitungpun langsung melakukan antisipasi dengan mengintruksikan tiap Puskesmas melakukan antisipasi.

“Sejauh ini belum terdekteksi jika virus itu ada di Kota Bitung, namun sebagai antisipasi kita telah mengintruksikan tiap Puskesmas melakukan antisipasi,” kata ?Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan PemkotBitung, dr Lucky Kromo, Selasa (6/9/2016).

Menurut Lucky, tiap Puskesmas diminta aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Terutama bagi ibu hamil agar memperhatikan kebersihan tempat tinggal.

“Virus Zika disebarkan kepada manusia oleh nyamuk Aedes yang terinfeksi. Nyamuk ini menjadi terinfeksi setelah menggigit penderita yang telah memiliki virus tersebut. Makanya lingkungan harus bersih dari nyamuk,” katanya.

Nyamuk itu kata dia, sangat aktif di siang hari dan hidup serta berkembang biak di dalam maupun luar ruangan yang dekat dengan manusia, terutama di area yang terdapat genangan air.

“Selain gejala umum seperti demam berdarah, gejala lain virus Zika yang ditemukan adalah sakit kepala, nyeri di belakang mata dan lelah. Gejala ini umumnya bersifat ringan dan berlangsung hingga sekitar satu minggu,” katanya.

“Intinya menjaga lingkungan dari sarang nyamuk dan jika sudah demam selama tiga hari silakan melakukan pemeriksaan ke dokter atau Puskesmas terdekat,” katanya. beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar