Senin, 19 September 2016

Tangkoko Waspada Api dan Pemburu Hewan



BITUNG - Kembali maraknya kebakaran lahan hutan belakangan ini, mengakibatkan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, mengeluarkan pernyataan status siaga darurat pada sejumlah daerah yang mengalami pembakaran lahan.


Peringatan itu juga ditujukan bagi kawasan Hutan Tangkoko di Gunung Dua Sudara. berstatus waspada. Oleh karena itu, masyarakat sendiri patut memperhatikannya dan mengantisipasinya.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian Kehutanan dan Ketahanan Pangan Kota Bitung, Ir. Alex Watimena, kepada sejumlah wartawan, Senin (29/8), cuaca panas berkepanjangan selama beberapa bulan terakhir rawan kebakaran, sehingga warga sekitar hutan waspada dan jangan melakukan aksi pembakaran lahan.

Kesempatan berbeda, Koordinator Pecinta Alam (KPA) Kota Bitung, Wesly Tamasiro, dalam keterangannya pada wartawan, mengecam keras tindakan oknum-oknum yang sering melakukan perburuan hewan di kawasan Hutan Tangkoko.

Menurutnya, kebakaran lahan Hutan Tangkoko sekitar 1600 Ha tahun 2015 lalu, diakibatkan ulah oknum-oknum yang secara sengaja berburu hewan dan meninggalkan api, sehingga mengakibatkan beberapa jenis satwa mati terpanggang. Ia bahkan meminta adanya penambahan petugas operasional hutan agar pengawasan area yang dilindungi tidak mudah terbakar oleh tangan-tangan jahil. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar