Minggu, 09 Oktober 2016

Ratusan Perahu Hias ”Warnai” Selat Lembeh

BITUNG - Karnaval Perahu Hias, merupakan acara pertama dalam Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL), sesudah acara seremoni. Tak pelak, kehadiran ratusan perahu hias memberikan warna tersendiri bagi perairan Selat Lembeh.

Pengunjung yang ingin menyaksikan acara pertama ini, memadati lokasi pembukaan hinga meluap ke areal pelelangan ikan. Sementara, Pemkot Bitung selaku tuan rumah,
menghadirkan 27 unit perahu hias. Sisanya merupakan perhu hias milik masyarakat dan swasta di Kota Bitung, maupun undangan dari pemkab/pemkot se-Sulut, seperti Pemkot Tomohon yang diwakilkan kepada Dinas Pariwisatanya.

Lomban menjelaskan, Parade Perahu Hias merupakan ajang untuk memperkenalkan bahwa kapal Pamo/Pating digunakan untuk membantu kapal punboat (panbot-Red) saat menangkap ikan di laut. Selain Pating ada juga kapal jenis lainnya yang digunakan para peserta untuk diikutsertakan dalam karnaval perahu hias seperti pakura.


Setelah sesi karnaval perahu hias selesai digelar, acara berpindah ke demonstrasi penangkapan ikan yang bertempat di depan dermaga Pelabuhan Perikani Bitung. Demonstrasi ini dilakukan oleh nelayan handal Kota Bitung. Dalam agendanya, FPSL selanjutnya diadakan Pesona Kuliner, Pesona Bahari, Panggung Pesona Budaya pada Minggu (9/10). manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar