Kamis, 13 Oktober 2016

Cegah Penyalagunaan Dana Proyek, GTI Minta Pemkot Gandeng TP4D

Bitung – Garda Tipikor Indonesia (GTI) meminta Pemkot Bitung melibatkan Tim Pengawal dan Pengaman, Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dalam setiap pelaksanaan proyek.


Apalagi kata Pembina GTI Sulut, Berty Lumempouw, sudah ada contoh penetapan tersangka kasus korupsi baik yang berhubungan proyek Bansos Pendidikan proyek Padat karya di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi senilai Rp1.2 miliar.

“Persoalan ini harus menjadi perhatian Pemkot untuk segera melibatkan Pihak Kejaksaan Negeri Bitung dalam hal ini Tim TP4D,” kata Berty, Kamis (13/10/2016).

Apalagi kata dia, sejumlah SKPD saat ini sementara menangani proyek yang dananya mencapai puluhan hingga ratusan miliar sehingga Pemkot harus melibatkan TP4D untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pengalaman dari kasus-kasus yang terjadi karena selain niatan para pelaku, juga karena ketidak tahuan dalam mengelolah anggaran serta ketidak tahuan tentang aturan-aturan sehingga pada akhirnya terjadi kerugian negara,” katanya.

Untuk itu ia menghimbau agar Pemkot segera melibatkan tim TP4D, karena tim ini dibentuk berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2015 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi pada pemerintahan baik di pusat maupun di daerah. beritamanado.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar