Jumat, 07 Oktober 2016

Bikin Karang Hidup Lagi



Sony aktifis lingkungan yang ikut serta dalam kegiatan, tranplantasi karang menjelaskan penanaman karang di bawah laut merupakan intervensi percepatan perbaikan lingkungan lewat yang rusak dan tak bisa lagi ditumbui tumbuhan.

“Nah, supaya area itu bisa ditumbuhi lagi dilakukanlah penanaman karang supaya cepat tumbuh lagi dibuatlah tranpalntasi, ambil karang kecil yang masih hidup ditanam di area yang sudah mati,” jelas Sony.

Dijelaskannya terumbu karang adalah hewan bukan batu atau tumbuhan,  bisa kawin reproduksi, bisa stress dan butuh makan seperti manusia.

“Jangan perlakukan karang seperti batu ,” tegasnya.

Adapun teknis penamanan terumbu karang yang dilakukan kemarin penyelam tinggal menyaitkan karangnya ke tempatnya yang telah diletakkan di bawah laut berbentuk seperti meja, berfungsi sebagai  substrat atau tempat karang menempel untuk kehidupannya.

“Pertamina sendiri sudah lebih dari 40 ribu terumbu karang yang ditranplantasi oleh Pertamina sepanjang tahun 2016 ini di seluruh Indonesia sementara khusus di Sulawesi sudah 10 ribu turumbu karang sejak tahun 2013,” jelas Kuswandi didampingi GM Marketing Operation Region VII Tengku Badarsyah.

Pihaknya berharap dengan dilakukan tranplantasi akan bermanfaat bagi masyarakat dan kehidupan laut pada khususnya. “Terumbu karang perlu dilestarikan untuk kehiduoan bawah laut,” tukasnya. sumber:manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar