Selasa, 25 Oktober 2016

Jejaki Kerjasama Bidang Energi, Casper Undang Lomban ke Denmark



Casper Klynge, Duta besar Denmark bersama tiga orang penasehat dari kedubes mengundang Wali kota Bitung Max Lomban untuk kunjungi negaranya.

Ajakan ini diungkap oleh Dubes saat melakukan lawatannya ke kantor pemerintah Kota Bitung, pada Senin (24/10/2016).


Adapun maksud dari ajakan itu agar pemerintah kota bisa melihat langsung win power plan atau pembangkit listri tenaga angin di Denmark.

“Kami membicarakan kerja sama bidang energi perbaruan dengan tujuan pertama melihat potensi yang ada di Sulut termasuk di Bitung khususnya pengelolaan lingkugan energi angin karena kami lebih pakar dari belanda dan berhubungan dengan ditetapkannya Kota Bitung sebagai Kota Low cabon model town (LCMT),” ujar Casper diterjemahkan oleh Melda Sidangoli fungsional umum pemko Bitung, Senin (24/10).

Diwawancarai Tribun Manado melalui penterjemah, undangan yang disampaikan Casper kepada walikota Bitung untuk melihat langsung energy perbaruan di Australia akan dibiayai langsung oleh pihak Dubes Denmark.

Bersama perwakilan kementrian Energi dan sumber daya mineral (ESDM), Casper menjelaskan untuk Bitung akan dilihat potensi dan progres kembangkan (GnG) Goverment to Government karena Denmark memiliki skil, pengetahuan dan teknologi yang ingin dibagikan.

“Melalui pertemuan ini kami ingin ketahui secara teknis hambatan di lapangan dalam pengembangan energi terbarukan,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Walikota Bitung Max Lomban mengatakan penawaran yang dilakukan pihak Dubes Denmark ada sedikit permasalahan yaitu biaya dan kewenangan pengambilan keputusah hanya 10 persen oleh pemerintah daerah sisanya pusat.

“Untuk solar cell saja harganya mahal dan kami memiliki 23 potensi sumber energy perbarukan, namun sayangnya baru potensi dan tahap visibility untuk detailnya tidak murah satu proyek mencapat miliar. Namun pemerintah daerah tahapnya sudah lebih tinggi dari pada dearah lainnya,” urai Lomban. manado.tribunnews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar