Kamis, 03 November 2016

Khounni : PKK Tunjang 4 Program Bitung Bersih Lingkungan



Selaku mitra Pemerintah Kota Bitung, TP-PKK Kota Bitung akan selalu menopang Program Pemerintahan (MaMa), Bitung Bersih Lingkungan. Dimana, kebersihan ini harus sampai ke dalam tanah. Sehingga, air bersih sebagai sumber air minum dan kebutuhan yang lain, terbebaskan dari bakteri E-Coli dan sejenisnya.


Hal mana diungkapkan Ketua TP-PKK Kota Bitung, Dra. Ny. Khounni Lomban-Rawung,M.Si. ”Kami semua dalam kebersamaan, bersemangat mengupayakan Bitung Bersih dengan water treatment, air treatmen dan upaya - upaya bersih lain yang relevan,” ujarnya.

Dijelaskannya, keempat 4 Program Bitung Bersih Lingkungan yaitu : Pertama, Bersih di Darat. Dimana, sementara berjalan dengan Piagam Adipura sebagai realisasi serta menjadi acuan. ”Apalagi, Kota Bitung sampai saat ini telah mendapat 11 kali Piagam Adipura,” jelasnya.

Kedua, Bersih di Udara. Yakni, mengupayakan udara bersih dan meningkatkan kualitas udara dan menjadi kota model yang diterapkan oleh APEC sebagai Kota Industri yang rendah karbon dalam program Low Carbon Model Town (LCMT).

Ketiga, Bersih di Laut. Himbauan sudah sering disampaikan Walikota dan Wakil Walikota Bitung kepada seluruh masyarakat Kota Bitung untuk selalu bersama-sama berpartisipasi menjaga kebersihan laut yang ada di Kota Bitung. ”Jangan membuang sampah di laut, sebagai sumber oksigen dan sumber pangan laut, mengelola sampah (3R Plus) dan mencegah sampah tidak sampai ke laut,” tegasnya.

Keempat, Bersih di Bawah Tanah. Khusus untuk kebersihan bawah tanah ini, terangnya, ada kerjasama Dinas PU untuk meningkatkan sanitasi lingkungan yang baik melalui program Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) secara komunal/komunitas, yaitu beberapa toilet masyarakat terhubung dengan satu buah septic tank besar yang aman dan tidak bocor dengan secara periodik akan dibersihkan (disedot) oleh Pemerintah untuk ditampung pada Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) yang dapat dijadikan Bio Gas dan Pupuk.

”Hal ini juga merupakan korelasi positif dengan nantinya akan menurun atau berkurangnya masyarakat yang sakit dan berkurangnya biaya kesehatan serta menunjang program pariwisata Kota Bitung serta program-program lainnya,” pungkasnya. manadoexpress.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar